7 Mata Kuliah Paling Aneh di Dunia, Unik!

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 26 Mei 2021 18:20 WIB
Smiling millennial Indian girl in wireless headset sit at desk in living room study online on laptop, happy young ethnic female in headphones watch webinar or course on Internet on computer
Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes/7 Mata Kuliah Paling Aneh di Dunia, Unik!
Jakarta - Sedikitnya ada tujuh mata kuliah paling aneh di dunia. Mata kuliah ini tidak belajar sains, teknologi, atau ilmu sosial yang biasanya ada di tiap universitas seluruh dunia.

Dikutip dari situs Top Universities, mata kuliah ini sebetulnya mempelajari kebudayaan manusia. Namun di universitas lain, kebudayaan atau kebiasaan tersebut tidak sampai jadi mata kuliah.

Berikut mata kuliah paling aneh di dunia:

1. Kanibalisme, peradaban, kejahatan terorganisir, dan korupsi

Jika detikers hobi menonton series kriminal, maka mata kuliah ini sangatlah relevan. Mata kuliah ini terdapat Kazakhstan's Nazarbayev University dan termasuk dalam ranah ilmu Antropologi dan Sosiologi.

Profesor dari Nazarbayev University Gavin Slade mengatakan, mata kuliah ini dapat memberikan perspektif yang unik kepada mahasiswa mengenai sejarah manusia hingga bentuk dari masyarakat melalui sejarah.

"Mahasiswa ingin mempelajari topik yang tidak biasa, sehingga kursus ini mendapatkan masukan yang baik secara keseluruhan," ujar Slade.

2. Harry Potter dan zaman ilusi

Apakah detikers merupakan Potterhead (penggemar Harry Potter)? Maka ini mata kuliah yang pasti menarik hati kalian. Departemen Pendidikan dari Durham University menawarkan mata kuliah Harry Potter dan Zaman Ilusi.

Mata kuliah ini membahas konteks sosial dan pendidikan Harry Potter serta menyelidiki mengapa Harry Potter menjadi begitu populer.

Mata kuliah ini mempelajari relevansi dari buku Harry Potter dan mengaitkannya dengan pendidikan kewarganegaraan. Hal yang dilihat adalah pemilihan diksi dan pengintepretasiannya serta pengaruh fiksi terhadap kebijakan pendidikan.

3. Ilmu sereal

Ilmu sereal merupakan mata kuliah yang dipelajari di Kansas State University. Ilmu sereal akan mempelajari karakteristik sereal, kacang-kacangan, komponennya dan pengolahannya menjadi makanan. Bagaimana apakah cukup unik bukan?

4. Penerbitan buku komik

Mata kuliah Penerbitan Buku Komik terdapat di Minneapolis College of Art and Design (MCAD). Mata kuliah ini akan mempelajari bagaimana produksi dan dan mempromosikan buku komik cetak maupun e-print.

Mata kuliah aneh ini mencakup demonstrasi teknis dalam pemindaian, prosedur pencetakan dan pemasaran.

5. Forgetting of air

London Metropolitan University memiliki mata kuliah yang aneh dan unik bahkan dari judulnya saja. Mata kuliah tersebut yaitu Forgetting of Air, mata kuliah ini melihat bagaimana udara dapat dipahami oleh tubuh dan pikiran dalam konteks yang berbeda.

Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa membaca konstruksi budaya dari indera dan pengaruhnya terhadap cara kita memandang arsitektur; memahami relevansi masalah filosofis yang kritis dalam pengembangan estetika dalam arsitektur dan memahami bagaimana lingkungan binaan dipersepsikan.

6. Paleontologi

Paleontologi adalah studi yang mempelajari fosil. Paleontologi terdapat di Nazarbayev University. Awalnya universitas ini dimintai tolong untuk menyelematkan fosil ichthyosaur yang ditemukan di Kazakhstan.

Laurent Richard selaku Profesor dari Nazarbayev University mengatakan bahwa Fosil ichthyosaurus, reptil laut yang punah dan ditemukan 90 persen lengkap, termasuk kepala, sirip, tulang rusuk, dan tulang belakang.

Menjadikan paleontologi sebagai mata kuliah akan melibatkan mahasiswa untuk melakukan upaya konservasi. "Karena mereka berpartisipasi dalam upaya konservasi untuk menjaga warisan geologis Kazakhstan di dalam negeri," ucapnya.

7. Wine: Teori dan Praktik

Di Cornell University terdapat mata kuliah yang mempelajari tentang membuat wine. Mata kuliah ini akan membantu mahasiswa untuk memahami aspek non-fermentasi dari produksi wine. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini diharapkan akan menunujukkan keingintahuan, kemampuan berpikir out of the box, dan menunjukkan luasnya pembelajaran.

Nah itu tadi adalah mata kuliah yang aneh di berbagai universitas dunia. Jadi apakah detikers tertarik untuk mempelajarinya?

Simak Video "Lebih Penting Passion atau Bakat?"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia