Mau Kuliah di Jakarta? Ikuti Pameran Kampus Virtual Gempita Yuk

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 26 Mei 2021 15:14 WIB
ilustrasi kelulusan
Foto: thinkstock/Mau Berkuliah di Jakarta? Yuk Ikuti Pameran Kampus Virtual Gempita
Jakarta - Bagi detikers yang ingin kuliah di Jakarta tak usah bingung, Gebyar Pendidikan Jakarta (Gempita) kini hadir secara daring. Pameran kampus virtual ini akan menyediakan beragam informasi mengenai kampus-kampus yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

Gempita akan hadir selama 7 hari mulai dari 27 Mei - 2 Juni 2021 dan diikuti lebih dari 100 universitas di lingkungan LLDikti Wilayah 3. Kepala LLDikti 3, Agus Setyo Budi melalu rilis yang diterima detikEdu mengatakan bahwa di pameran kampus virtual Gempita terdiri dari 62 Universitas, 22 Institut, 107 Sekolah Tinggi, 91 Akademi, 13 Politeknik dan 1 Akademi Komunitas.

"Jurus utama bagi Gen Z dalam menentukan jurusan dan kampusnya ialah lewat Gempita Virtual. Karena calon mahasiswa akan mendapatkan informasi yang relevan terkait mutu serta program yang ditawarkan Kampus secara praktis, simpel, dan efektif," ujar Agus.

Dia juga menambahkan bahwa Gempita juga merupakan bagian untuk meningkatkan mutu melalui konsolidasi sesame Perguruan Tinggi Swasta dan juga memastikan PTS menerapkan program Kampus Merdeka.

Selain itu, Project Manager Gempita Virtual, Yahya Farid mengatakan bahwa Gempita juga bekerja sama dengan Binus University. Dengan begitu calon mahasiswa lebih mudah mendapatkan informasi kuliah di Jakarta terutama mengenai beasiswa, jurusan, dan program perkuliahan, secara gratis, mudah, aman dan nyaman secara online.

"Acara ini juga dapat membantu Perguruan Tinggi mempromosikan program dan kegiatan di kampusnya kepada khalayak dalam satu platform yang mudah di akses, kapan pun dan di mana saja," ujar Yahya.

Lebih lanjut Yahya juga berbagi tips untuk calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi. Menurutnya ada 3 yaitu menyesuaikan dengan minat dan bakat, riset dan realistis, dan mencari program beasiswa.

"Kenali diri sendiri. Jurusan dan Perguruan Tinggi yang diambil akan menentukan masa depan kalian. Jadi sebaiknya teman-teman konsultasikan dengan Guru BK dan orang tua, baru bertanya ke kampus yang diinginkan," papar Yahya.

Tips kedua yaitu aktif melalukan riset dan bersikap realistis. "Cari tahu sebanyak-banyaknya informasi tentang jurusan dan kampus yang diinginkan. Gali lebih dalam informasi tentang jurusan dan kampus, cek ranking dan akreditasinya," ujar Yahya.

Terakhir adalah mencari program beasiswa. "Untuk mendapatkan beasiswa pasti ada persyaratan yang dibutuhkan. Teman-teman bisa bertanya langsung melalui fitur live chat ke booth kampus, DIKTI, DIKSI dan Puslapdik," jelas Yahya.

Tidak hanya berisikan pameran virtual, Gempita juga menyediakan webinar dengan tema menarik dengan narasumber yang inspiratif dari 19 Perguruan Tinggi. Talkshow webinar akan dilakukan setiap harinya mulai 09.00 - 17.00 WIB. Gempita juga menyediakan fitur live chat untuk memudahkan calon mahasiswa bertanya saat webinar berlangsung.

"Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Jakarta hanya tinggal mendaftar di https://gempita.vairbees.com. Gratis dan tidak dipungut biaya apapun," pungkas Yahya.

Simak Video "SNMPTN 2021 Dibuka, Begini Tahapan Pendaftarannya"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia