7 Prodi di Pendidikan Vokasi Indonesia, dari Seni Kuliner hingga Game

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 11 Mei 2021 19:30 WIB
10 Game PC Gratis Terbaik yang Wajib Kamu Coba
Foto: play.google.com/7 Prodi di Pendidikan Vokasi Indonesia, dari Seni Kuliner hingga Game
Jakarta -

Kamu yang punya talenta kreatif, inovatif, dan terampil, belajar di industri kreatif lewat beragam jurusan dan prodi pendidikan vokasi bisa jadi pilihan tepat, lho.

Industri kreatif adalah salah satu bidang industri yang mengandalkan keterampilan, talenta, dan unsur-unsur kreativitas. Untuk kamu yang memiliki jiwa seni dan kreativitas tinggi, pendidikan vokasi Indonesia punya banyak prodi terkait industri kreatif yang mengakomodasi passion kamu.

Berikut beberapa prodi kreatif yang bisa kamu pilih di pendidikan tinggi vokasi Indonesia, dirangkum dari situs resmi politeknik dan sekolah vokasi di Indonesia:

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Mahasiswa DKV akan mempelajari cara menyampaikan pesan lewat bahasa rupa atau desain untuk menginformasi dan mempersuasi penerima pesan. Dengan kata lain, mahasiswa akan belajar gabungan anatara komunikasi dengan unsur estetika.

Kamu juga akan belajar lewat praktik untuk menciptakan karya desain di berbagai media, seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan lain-lain. Lulusan desain komunikasi visual bisa bekerja di agensi periklanan, pengembang web, media, startup, humas perusahaan, konsultan branding, dan mendirikan studio sendiri atau menjadi desainer lepas.

2. Teknologi Multimedia Broadcasting

Masuk ke prodi teknologi multimedia broadcasting, kamu akan belajar untuk mampu berperan dalam operasi dan pemeliharaan fasilitas broadcasting dan peralatan di stasiun pemancar radio, televisi, dan platform industri media lainnya.

Mahasiswa jurusan teknologi multimedia broadcasting akan belajar tentang elektronika umum, sistem pemancar radio dan televisi, sistem studio siaran radio dan TV, tools untuk pengembangan konten multimedia termasuk animasi 2D/3D, editing foto dan video, penggunaan kamera dan lighting, dan broadcasting lewat jaringan internet.

3. Fotografi

Masuk ke prodi fotografi, kamu akan disiapkan untuk menjadi fotografer profesional lewat kajian teori dan praktik keilmuan fotografi, keterampilan fotografi, mengembangkan gaya dan ciri khas, menyusun portfolio, dan belajar bisnis.

Mahasiswa prodi fotografi juga dapat belajar fotografi desain, potret, periklanan, produk, dan fotografi arsitektural. Di samping memotret, kamu juga akan belajar tentang kamar gelap dan proses cuci cetak analog, melakukan magang, dan berpameran foto.

4. Fashion Design

Mahasiswa prodi fashion design akan belajar desain mode termasuk perhiasan, riset tren, dan fashion style. Masuk prodi fashion design, kamu akan belajar terlibat dalam penyelenggaraan fashion show, membuat karya busana, dan menampilkannya dalam acara fashion show di perhelatan kampus dan di luar kampus.

Mahasiswa fashion design disiapkan untuk mampu berkarya di dunia fashion mulai dari perancangan hingga produksi akhir. Lulusan fashion design bisa berkarier sebagai fashion designer, fashion stylist, fashion illustrator, merchandiser, fashion entrepreneur, dan lain-lain.

Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia