Jadi Lulusan Vokasi? Jangan Galau! Ini 5 Keunggulannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 10 Mei 2021 20:15 WIB
Jerman Siap Bantu Pendidikan Vokasi di Indonesia
Jerman Siap Bantu Pendidikan Vokasi di Indonesia Foto: DW (News)
Jakarta - Apakah detikers merupakan mahasiswa program studi vokasi? Jika iya detikers tak perlu minder bahkan harus merasa bangga karena telah menjadi generasi yang siap bersaing.

Mahasiswa vokasi punya kelebihan diberikan keterampilan khusus selama perkuliahan sehingga lulusan vokasi memiliki bekal yang lebih utamanya yaitu pengalaman kerja.

Pendidikan vokasi memiliki kurikulum yang berfokus pada pengembangan keterampilan sehingga lulusan vokasi menjadi lebih unggul dalam hal praktek. Apa saja keunggulan dari lulusan vokasi? Berikut adalah keunggulannya yang dikutip dari akun Instagram Dikti Vokasi:

Keunggulan Lulusan Vokasi

1. Skill Menjadi Lebih Terasah

Lulusan vokasi lebih siap memasuki dunia kerja. Hal tersebut dikarenakan selama berkuliah pendidikan vokasi memiliki lebih banyak mata kuliah prakteknya. Pendidikan vokasi lebih sering belajar di luar kelas. Beban belajarnya biasanya terdiri dari 40% teori yang sisanya kemudian praktek.

2. Pengalaman Lebih Banyak

Saat mahasiswa sarjana lebih banyak diberikan teori. Mahasiswa vokasi memperdalam dalam mata kuliah praktek. Sehingga pengalaman kerja yang diperoleh jauh lebih kaya. Hal ini berdampak pada kemampuan mahasiswa vokasi yang mempunyai bekal lebih untuk turun ke dunia kerja.

3. Lowongan Kerja Tenaga Terampil Banyak Dibutuhkan Perusahaan

Para lulusan vokasi sebaiknya jangan galau soal masa depan. Mengapa? Karena lowongan kerja untuk tenaga terampil lebih banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Itu merupakan pertanda baik karena keterampilan sangat dibutuhkan.

4. Lebih Siap Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

MEA menitik beratkan pada tenaga terampil. Bahkan jika kalian beruntung kalian bisa diekspor ke luar negeri. Karena di dunia kerja gaji tidak diukur berdasarkan gelar melainkan juga dari skill.

5. Peluang Sukses Besar

Menjadi lulusan vokasi tentu saja tidak akan menghalangi kalian untuk menjadi lulusan yang lebih tinggi di masa depan. Kesuksesan dapat dicapai apabila memiliki tekad dan usaha yang berjalan beriringan. Faktanya tinggi rendahnya pendidikan tak selalu menjadi penetu kesuksesan. Jika kalian merasa kurang cukup dengan gelar diploma, kalian bisa melanjutkan ke jenjang strata atau bisa langsung kerja.

Nah itu tadi adalah keunggulan dari lulusan vokasi. Jadi jangan galau dan merasa kecil hati ya! (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia