5 Prodi Unik di Politeknik, Mana yang Sesuai Passion Kamu?

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 05 Mei 2021 20:06 WIB
SBMPN politeknik
Foto: situs SBMPN
Jakarta - Hai calon mahasiswa, lagi nyari jurusan unik yang sesuai passion kamu? Udah tahu belum kalau ada prodi antimainstream di beberapa politeknik negeri di Indonesia?

Rupanya, minat kamu yang dalam banget sama tanaman, game, sustainable energy, perdagangan internasional, sampai cyber security juga punya wadah buat belajar dan berkembang lebih luas di pendidikan vokasi di politeknik.

Nah, buat kamu yang lagi menimbang-nimbang jurusan kuliah, berikut prodi unik di politeknik yang mengakomodasi minat dan bakat kamu yang nggak kalah unik, seperti yang disampaikan di akun resmi Direktorat Pendidikan Vokasi dan Profesi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi:

1. Program Studi Teknologi Game, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Mahasiswa (https://www.detik.com/tag/mahasiswa) D4 Prodi Teknologi Game PENS disiapkan untuk bergerak di industri kreatif, khususnya berwirausaha di industri game. Mahasiswa sarjana terapan game tech bakal belajar tentang bagaimana sebuah game dibuat sampai dimainkan masyarakat.

Di prodi Teknologi Game, kamu akan belajar merancang plot, sistem pelevelan, pemodelan karakter, membuat storyboard, membuat animasi, merancang user interface, programming, hingga produksi dan distribusi game. Belajar menguasai library dan tools sehingga membuat game platform dan game engine yang banyak dibutuhkan untuk memasukkan konten-konten lokal.

Lulusan prodi Teknologi Game punya prospek kerja yang menjanjikan, di antaranya menjadi game designer, programmer, bergabung dengan tim game art, baik di developer game nasional dan internasional, di samping membuka studio sendiri.

2. Program Studi Teknologi Rekayasa Utilitas, Politeknik Negeri Bali (PNB)

Prodi Teknologi Rekayasa Utilitas Mekanikal-Elektrikal-Plumbing (TRU-MEP) adalah program sarjana terapan multidisiplin di bawah Jurusan Teknik Mesin (JTM) di PNB.

Mahasiswa prodi TRU-MEP PNB akan belajar rekayasa utilitas MEP bangunan gedung residensial, komersial, perhotelan, dan industri, di samping belajar dengan technopreneurship mindset. Kamu juga akan belajar rekayasa utilitas MEP dengan menerapkan green tourism berkonsep sustainable energy technology (teknologi energi berkelanjutan).

Mahasiswa D4 prodi TRU-MEP juga punya pilihan belajar penerapan teknologi digital yang berhubungan dengan konservasi dan manajemen energi atau sistem otomasi digital dan manajemen utilitas MEP.

Lulusan sarjana terapan prodi Teknologi Rekayasa Utilitas bisa bekerja di berbagai sektor, di antaranya industri retail, rumah sakit, perhotelan dan kapal pesiar, supermarket, perbankan, perkantoran dan bangunan gedung pemerintahan, industri pengolahan pangan, perikanan, manufaktur, farmasi, kimia, petrokimia, pertambangan, dan tekstil, serta perusahaan konsultan.

3. Program Studi Logistik Perdagangan Internasional, Politeknik Negeri Batam (Polibatam)

Mahasiswa D4 prodi Logistik Perdagangan Internasional Polibatam bakal belajar mengenai supply chain, procurement, warehouse management, manajemen proyek, dan jadi entrepreneur di perdagangan internasional, khususnya di bidang logistik.
Lebih asyik lagi, prodi ini sudah punya kapasitas sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI).

Kamu juga akan belajar perencanaan keuangan, anggaran, pembayaran logistik perdagangan internasional, evaluasi strategi pemasaran perusahaan, manajemen K3 dan lingkungan, evaluasi sistem logistik protek, sampai mengevaluasi bisnis, khususnya di platform e-commerce.

Lulusan sarjana terapan prodi Logistik Perdagangan Internasional punya banyak prospek kerja, di antaranya supply chain manager, tenaga pemasar, freight forwarder, manajer proyek logistik, procurement manager, warehouse supervisor, administrator logistik, operator warehouse, dan tentunya pengusaha.

4. Program Studi Rekayasa Keamanan Siber, Politeknik Negeri Batam (Polibatam)

Mahasiswa D4 Prodi Rekayasa Keamanan Polibatam belajar menerapkan konsep matematika terapan dan dasar rekayasa dalam pelaksanaan cyber security yang mengacu pada standar internasional. Prodi ini salah satu yang diunggulkan Polibatam dan bersaing dengan prodi bidang keamanan siber di Asia Tenggara, lho.

Kamu juga akan belajar asesmen risiko cyber security, analisis keamanan jaringan, kebijakan keamanan, tata kelola keamanan siber, dan manajemen risiko siber.

Beberapa prospek karier lulusan sarjana terapan prodi Rekayasa Keamanan Siber di antaranya yaitu posisi dan bidang cybersecurity analyst, cybersecurity administrator, network security administrator, vulnerability assessment analyst, cybersecurity awareness, dan junior cybersecurity.

5. Produksi Tanaman Hortikultura, Politeknik Negeri Jember (Polije)

Mahasiswa D3 Prodi Produksi Tanaman Hortikultura akan belajar pembibitan, budidaya, penanganan pascapanen, dan pemasaran tanaman hortikultura. Tanaman hortikultura mencakup buah-buahan, sayur-sayuran, sampai tananam hias yang selalu punya tren dari tahun ke tahun.

Siswa SMA dan SMK sederajat, khususnya yang belajar biologi dan matematika, bisa lanjut studi di prodi ini. Prodi ini juga dilengkapi laboratorium tanaman, laboratorium tanah, laboratorium tata air, laboratorium komputer, laboratorium ekonomi, laboratorium komputer, dan laboratorium perlindungan tanaman.

Beberapa prospek karier lulusan D3 ahli madya prodi Produksi Tanaman Hortikultura di antaranya penyuluh pertanian, analis pertanian, teknisi pertanian, peneliti pertanian, asisten peneliti pertanian, manajer pertanian, mandor pertanian, dan pengusaha tanaman hortikultura.

Hayo calon mahasiswa, jurusan unik di politeknik mana yang sesuai sama passion kalian?



Simak Video "Jadi Medan Tempur, Universitas di Hong Kong Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia