Halo Calon Mahasiswa, Kenalan Sama Prodi Akuakultur IPB Yuk!

Rahma I Harbani - detikEdu
Sabtu, 01 Mei 2021 09:30 WIB
IPB
Foto: Dok IPB
Jakarta -

Program studi (prodi) akuakultur Institut Pertanian Bogor (IPB) mempunyai nama lengkap Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya (TMPB).

Diketahui, Departemen Budidaya Perairan (BDP) membawahi langsung prodi ini. Dengan nama yang unik tersebut, prodi ini belajar tentang apa, ya?

Menurut Ketua Departemen Budidaya Perairan Prof Muhammad Agus Suprayudi, kurikulum yang dipelajari berfokus pada pengembangan sustainable aquaculture, strategi ketahanan, keamanan, dan kedaulatan pangan untuk produk perikanan.

Tidak hanya itu saja, mahasiswa juga dituntut kritis dan peka dengan isu sosial maupun lingkungan.

"Kami membekali mahasiswa kemampuan berfikir kritis, peka dengan isu sosial dan lingkungan dan tentu saja, dengan skill teknis dan manajemen yang dibutuhkan untuk sukses dalam dunia akuakultur," papar Prof Muhammad Agus dalam keterangan tertulis yang diterima detikEdu, Jumat (30/4/2021).

Lebih lanjut, Prof Muhammad Agus juga menjelaskan bahwa mahasiswa bisa mempelajari berbagai jenis ikan, morfologi, fisiologi, nilai ekonomisnya, hingga ilmu terkait nutrisi dan produksi produksi pakan ikan, aspek kesehatan, reproduksi, sampai aspek lingkungan pemeliharaan ikan yang baik.

Selain wawasan yang mendalam tentang ikan, tidak lupa prodi jenjang pendidikan Strata 1 akuakultur juga membekali mahasiswa cara budidaya ikan yang efisien agar menghasilkan keuntungan.

"Mahasiswa juga akan diajarkan cara budidaya ikan yang efisien dengan manajerial yang baik dalam wadah terkontrol untuk menghasilkan profit," imbuhnya.

Guna mendukung kurikulum yang telah disebutkan, prodi akuakultur sudah didukung dengan 5 laboratorium lengkap beserta fasilitas pemeliharaan ikan. Mahasiswa juga dibebaskan memilih laboratorium sesuai minatnya, lho!

Sebagai informasi, prodi akuakultur telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) serta di assessment oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Bahkan pernah menjadi trendsetter dalam penelitian akuakultur di Indonesia.

Prodi akuakultur juga sudah bekerja sama dengan institusi pemerintah dan swasta nasional maupun internasional. Jadi, mahasiswa tidak perlu ragu lagi untuk jenjang karier ke depannya.

Gimana nih, detikers, kamu tertarik daftar prodi IPB ini nggak?



Simak Video "Tangis Haru Doni Monardo Saat Dianugerahi Doktor Kehormatan dari IPB"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia