Ini Permen Herbal Buatan Peneliti UKSW, Disebut Bisa Tingkatkan Imunitas

Akbar Hari Mukti - detikEdu
Rabu, 31 Mar 2021 19:30 WIB
Permen jeli herbal buatan peneliti UKSW
Permen jeli herbal buatan peneliti UKSW (Foto: dok. UKSW)
Salatiga - Tim Program Studi Teknologi Pangan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah mengembangkan produk permen jeli herbal. Permen jeli ini disebut berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh.

"Kami mengembangkan produk permen jeli herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari virus penyebab COVID-19," ujar perwakilan tim, Dhanang Puspita, saat dihubungi wartawan, Rabu (31/3/2021).

Tim yang terdiri dari Dhanang bersama Pulung Nugroho dan beberapa mahasiswa Teknologi Pangan UKSW menciptakan permen jeli herbal sebagai imunomodulator. Ia mengungkapkan, ide tersebut muncul karena masyarakat sekarang mulai banyak mengonsumsi jamu herbal untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"Dari riset kami, masyarakat daerah tertentu semisal suku Toraja menggunakan ramuan herbal daun Miana sebagai obat batuk," kata pengajar di Prodi Teknologi Pangan itu.

Ada dua macam permen jeli herbal buatan tim UKSW ini, di antaranya berbahan dasar daun Miana dan Sambiloto. Proses pembuatan, diawali ekstrasi untuk mengeluarkan senyawa bioaktif dalam tumbuhan Miana dan Sambiloto.

Proses pembuatan permen jeli herbal di UKSW SalatigaProses pembuatan permen jeli herbal di UKSW Salatiga Foto: dok UKSW

Kemudian dilakukan pemekatan dengan cara menambah bahan pengikat untuk mengentalkan cairan. Hal itu agar produk tidak rusak saat pengolahan, serta menutupi rasa pahit.

"Permen ini mengandung Saponin, Tanin dan Flavanoid yang bermanfaat sebagai antimikroba dan pemicu imunitas tubuh. Total kami memerlukan waktu dua hari untuk proses pembuatan permen," ujarnya.

Ia menjelaskan untuk sekali produksi, tim UKSW menghasilkan 500 butir permen jeli herbal. Selain sudah diuji kandungan fitokimianya, permen itu sudah melalui uji standar SNI.

"Uji standar dilakukan antara lain untuk menguji kadar air dan kekenyalan sehingga permen tersebut dapat dikonsumsi," paparnya.

Ia mengatakan, saat ini permen jeli herbal tersebut telah dibagikan ke dosen dan mahasiswa UKSW. Menurut rencana nantinya permen jeli herbal diproduksi secara massal.

"Hirilisasi sudah dibicarakan dengan dunia industri. Sudah ada pembicaraan dengan pihak industri untuk memproduksi permen secara massal," ungkapnya. (sip/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia