5 PTN Ini Punya Jumlah Subscriber YouTube Terbesar di Indonesia

Lusiana Mustinda - detikEdu
Rabu, 31 Mar 2021 18:09 WIB
Infografis 10 Fakultas di ITB dengan daya tampung terbanyak
Foto: Fuad Hasyim/detikcom
Jakarta - YouTube merupakan situs paling populer dan ditonton oleh ribuan orang setiap harinya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan YouTube sebagai media sumber maupun media pembelajaran dapat menghasilkan dampak positif.

Hasil penelitian Aritas Puica Sianipar (2013) tentang pemanfaatan YouTube di kalangan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara angkatan 2009-2010 menunjukkan bahwa mayoritas responden memanfaatkan YouTube untuk mengakses berbagai video sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dari hasil pengumpulan data yang dilakukan oleh perusahaan rintisan di bidang teknologi edukasi, RevoU disebutkan beberapa universitas dengan jumlah subscribers YouTube terbanyak.

Berikut data berdasarkan total subscribers YouTube dan video upload:

1. Institut Teknologi Bandung

ITB menempati posisi pertama sebagai universitas di Indonesia dengan jumlah subscribers YouTube terbesar yaitu 100.000 subscribers. YouTube ITB memiliki total video view sebesar 8,5 juta.

Sudah memiliki kategori silver play button, menurut RevoU salah satu strategi konten yang dilakukan ITB adalah membuat seminar atau Stadium Generale dengan mengundang para ahli.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Untuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki total subscribers sebanyak 64.500. Salah satu konten yang cukup unik dari ITS ini adalah pertunjukan dari tim paduan suara yang mereka miliki.

Video terbanyak yang ditonton dengan jumlah 3,4 juta view adalah Ari Lasso -Hampa (Live Perform ITS EXPO 2017) yang di unggah oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada tanggal 9 November 2017.

3. Universitas Gajah Mada

Universitas Gajah Mada menjadi salah satu universitas yang populer di Indonesia dan menjadi favorit di Yogyakarta. Universitas Gajah Mada (UGM) memiliki subscriber sebesar 59.700. Dan total video yang di upload hingga Maret 2021 adalah berjumlah 549 video.

4. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran yang ada di Bandung, Jawa Barat juga menempati posisi ke empat sebagai universitas dengan subscribers terbanyak yaitu 40.100. Universitas Padjajaran telah mengupload video sebesar 740.

5. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia yang berlokasi di Depok, Jawa Barat memang menjadi salah satu universitas favorit dan menjadi banyak incaran calon mahasiswa. YouTube yang dimiliki Universitas Indonesia memiliki jumlah subscribers sebesar 40.100. Dan total videonya sebanyak 287 video.

Meskipun kelima universitas yang disebutkan di atas memiliki jumlah subscribers terbanyak. Namun berdasarkan data dari Socialblade, Universitas Udayana memiliki channel YouTube paling aktif dengan jumlah video sebanyak 2,6 ribu dengan total views sebesar 1,5 juta.



Simak Video "Wejangan Mendikbud Nadiem ke Kampus Agar Tercipta Lulusan Unggul"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia