Ini Rahasia Rizqi Nabila, Usia 15 Tahun Lolos SNMPTN 2021 FK Unair

Rosmha Widiyani - detikEdu
Jumat, 26 Mar 2021 06:44 WIB
Nama Rizqi Nabila Ramadhani tengah menjadi pemberitaan. Ia merupakan salah satu peserta termuda yang lolos SNMPTN 2021 di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.
Foto: Charolin Pebrianti/detikcom/Ini Rahasia Rizqi Nabila, Usia 15 Tahun Lolos SNMPTN 2021 FK Unair.
Jakarta - SNMPTN 2021 memberi catatatan penting pada FK Unair yang merupakan salah satu prodi favorit. FK Unair meloloskan Rizqi Nabila Ramadhani yang berusia 15 tahun sebagai salah satu calon mahasiswa baru.

Tentunya bukan hal mudah bagi Rizqi meraih impiannya. Orang tua Rizqi, Novita Rahmawati mengatakan, putrinya adalah pribadi yang disiplin, penuh komitmen, dan mau bertanggung jawab.

Dengan karakter tersebut, apa rahasia Rizqi Nabila Ramadhani bisa lolos SNMPTN 2021 FK Unair di usia 15 tahun?

"Ikut bimbel dan satu guru privat ke rumah sejak dia SMP," kata Novita dikutip dari detikNews pada wawancara Kamis (25/3/2021).

Menurut Novita, Rizqi memang ingin lulus lebih cepat dan bisa masuk Unair lewat jalur SNMPTN. Dua kali bimbingan belajar (bimbel) dilalui Rizqi demi cita-citanya. Rizqi bahkan kerap lupa makan karena sibuk belajar.

"Kadang kalau Rizqi sibuk belajar sampai lupa makan, saya yang nyuapi sambil menemani belajar. Saya sebagai orang tua hanya bisa mendukung kegiatan anak," ujar Novita.

Perjuangan siswi berjilbab kelahiran 19 Juli 2005 ini telah diawali sejak lulus Sekolah Dasar (SD). Rizqi mengatakan, dia masuk kelas akselerasi sejak SMP sehingga usianya baru 15 tahun saat ikut SNMPTN 2021.

Saat bersekolah di SMAN 1 Ponorogo, Rizqi masuk dalam Kelompok Belajar Cepat (KBC) jurusan IPA. Selama pandemi COVID-19, Rizqi dan teman-temannya dalam KBC tetap masuk sekolah seperti biasa.

Rizqi tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19. Aturan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diterapkan pada siswa reguler, bukan pada murid KBC.

"Kalau siswa KBC tetap masuk, cuma 4 anak. Satu anak IPS dan 3 anak IPA. Meski masuk kami tetap patuh protokol kesehatan," kata Rizqi.

Dikutip dari website Universitas Airlangga (Unair), Rizqi adalah satu dari empat calon mahasiswa baru berusia kurang dari 16 tahun jalur SNMPTN. Hasil SNMPTN 2021 telah diumumkan pada Senin (22/3/2021).

Rektor Unair Mohammad Nasih mengatakan, proses SNMPTN 2021 di Unair berjalan sesuai prinsip dan aturan yang ditetapkan pemerintah. Nasih juga mengingatkan jangan sampai mempercayai oknum yang berjanji bisa membantu masuk Unair.

Para siswa yang lolos SNMPTN 2021 adalah murni dari prestasi. Sampaikan melalui helpdesk jika ada permintaan tertentu di luar prosedur resmi," ujar Nasih.

Nasih juga mengatakan tidak bermasalah dengan karakter khas para calon mahasiswa baru. Unair akan memberi peluang asal calon mahasiswa baru tersebut memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Simak Video "KPK Tahan Eks Pejabat Kemenkes Terkait Kasus Gratifikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia