Profil Rizqi Nabila Ramadhani, Lolos SNMPTN 2021 FK Unair Usia 15 Tahun

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 25 Mar 2021 16:09 WIB
Nama Rizqi Nabila Ramadhani tengah menjadi pemberitaan. Ia merupakan salah satu peserta termuda yang lolos SNMPTN 2021 di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.
Foto: Charolin Pebrianti/detikcom/Profil Rizqi Nabila Ramadhani, Lolos SNMPTN 2021 FK Unair Usia 15 Tahun
Jakarta - Rizqi Nabila Ramadhani menjadi perbincangan setelah menjadi salah satu peserta termuda yang lolos SNMPTN 2021. Rizqi baru berusia 15 tahun 8 bulan saat menjadi calon mahasiswa baru FK Unair (Universitas Airlangga), Surabaya.

Rektor Unair Mohammad Nasih menyatakan keunikan ini tidak menjadi masalah bagi pihak Unair. Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, Unair terbuka dalam menerima berbagai mahasiswa selama memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Nasih menyatakan seluruh siswa yang diterima dalam SNMPTN 2021 Unair murni berdasarkan prestasi. Jadi, jika ada oknum tertentu yang mengaku dapat membantu dalam proses penerimaan, itu tidak benar. "Ini para siswa yang lolos SNMPTN 2021 adalah murni dari prestasi mereka," ujar dalam dalam konferensi pers, Senin (22/3/2021) lalu .

Profil Rizqi Nabila Ramadhani, salah satu calon mahasiswa baru termuda Unair jalur SNMPTN 2021:

  • Nama: Rizqi Nabila Ramadhani
  • Usia: 15 tahun 8 bulan
  • Tanggal lahir: 19 Juli 2005
  • Nama orang tua: Novita Rahmawati
  • Sekolah: Kelompok Belajar Cepat (KBC) SMAN 1 Ponorogo, Jawa Timur
  • Cita-cita: Dokter
  • Prestasi: Lolos SNMPTN 2021 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FKUA) di umur 15 tahun.

Orang tua Rizqi, Novita menjelaskan, putrinya dikenal memiliki disiplin tinggi, tanggung jawab, dan berkomitmen. Rizqi ikut dua bimbingan belajar (bimbel) demi mewujudkan cita-citanya menjadi dokter dan kuliah di Unair.

"Sebagai orang tua hanya bisa mendukung keinginan anak. Kalau Rizqi sibuk belajar sampai lupa makan, saya yang nyuapi. Rizki ikut bimbel dan satu guru privat sejak SMP," kata Novita.

Selain Rizqi Nabila Ramadhani masih ada tiga calon mahasiswa baru hasil SNMPTN 2021 yang masuk Unair. Mereka adalah Ainiyah Hasna Fadhilah di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Hasna Azizah di Fakultas Hukum, dan Anditya Azzahra di Fakultas Farmasi.

Sebanyak 1.374 peserta dinyatakan lolos dalam pengumuman SNMPTN 2021. Nasih menjelaskan, proses SNMPTN 2021 Unair sesuai ketentuan yang ditetapkan LTMPT. Dia menghimbau masyarakat, jangan mudah percaya pada pihak yang berjanji bisa membantu masuk Unair dengan syarat tertentu.

Simak Video "KPK Tahan Eks Pejabat Kemenkes Terkait Kasus Gratifikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia