4 Universitas Swasta Terbaik 2019 versi Kemenristekdikti

Tim detikcom - detikEdu
Rabu, 10 Mar 2021 11:08 WIB
ilustrasi kelulusan
4 Universitas Swasta Terbaik 2019 versi Kemenristekdikti (Ilustrasi Foto: thinkstock)
Jakarta - detikers mempunyai cita-cita untuk bisa berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)? Tentunya sangat boleh. Namun, apakah karena keinginan untuk masuk ke PTN, detikers harus menutup diri dari informasi tentang Perguruan Tinggi Swasta (PTS)? Pastinya tidak begitu.


Apalagi, saat ini perkembangan dari PTS daripada PTN cenderung lebih cepat untuk berubah. Itu terbukti, pada setiap tahunnya Kemenristekdikti merilis daftar universitas swasta terbaik yang urutannya selalu berbeda setiap tahunnya.

Sebagai contoh, daftar universitas swasta pada tahun 2018 cukup berbeda dengan daftar universitas swasta terbaik 2019. Tentunya detikers harus mengetahui hal tersebut.

Lalu mengapa detikers harus mengetahuinya, padahal sekarang sudah 2021? Bukankah lebih baik untuk mengetahui daftar tahun 2020? Tidak ada salahnya memang.

Namun, jika detikers pikirkan kembali, bukankah lebih banyak yang diketahui adalah hal yang juga lebih baik? Selain itu, mengetahui daftar universitas terbaik dari tahun-tahun yang sudah lama, bisa juga untuk detikers jadikan referensi untuk memilih PTS yang terbaik dan paling tepat jika nantinya tidak masuk atau diterima di PTN.

Maka dari itu, di sini akan membahas mengenai 4 daftar universitas swasta di Indonesia yang terbaik tahun 2019 versi Kemenristekdikti. Berikut pembahasannya.

1. Universitas Telkom

Pada posisi pertama universitas swasta terbaik 2019 di Indonesia ditempati Universitas Telkom. Meskipun kampus ini masih tergolong kampus baru pada tahun 2019 silam karena baru berdiri pada tahun 2007, namun sudah berhasil mendapat akreditasi A BAN-PT.

Maka detikers tidak perlu ragu dengan kualitas dari universitas yang satu ini. PTS yang berada di Kota Bandung ini didirikan di bawah PT. Telkom Indonesia.
Universitas ini bahkan disebut-sebut sebagai salah satu universitas dengan jurusan Teknologi Telekomunikasi yang terbaik di Indonesia. Universitas Telkom sendiri mempunyai banyak program studi atau jurusan yang bisa detikers pilih, misalnya Ilmu Komputasi, Teknik Elektro, Desain Produk, Ilmu Komunikasi dan masih banyak lainnya.

2. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia menempati posisi kedua dalam daftar universitas swasta terbaik di Indonesia pada tahun 2019. Universitas yang berlokasi di Yogyakarta ini juga mendapat akreditasi A dari BAN-PT. Universitas ini mempunyai total 9 fakultas dan puluhan jurusan atau program studi yang bisa detikers pilih. Beberapa contoh program studi di Universitas Islam Indonesia ini seperti Teknik Industri, Akuntansi, Hukum, Farmasi, Teknik Elektro, Pendidikan Dokter dan masih banyak yang lain.

3. Universitas Bina Nusantara

Peringkat ketiga ditempati oleh Universitas Bina Nusantara. Universitas ini tak mau kalah dengan dua universitas sebelumnya juga mempunyai akreditasi A dari BAN-PT. Universitas ini mempunyai keunggulan yaitu adanya program kuliah satu gelar serta gelar ganda pada setiap jenjang. Universitas ini mempunyai 7 fakultas dengan puluhan program studi, misalnya Teknik Industri, Desain Interior, Psikologi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan lain sebagainya.

4. Universitas Katolik Parahyangan

Kembali dari Bandung, Universitas Katolik Parahyangan berhasil menempati peringkat keempat universitas swasta terbaik di Indonesia tahun 2019. Universitas yang terletak di Jalan Ciumbuleuit, Hagermanah ini hingga sekarang masih dipercaya oleh masyarakat akan reputasi dan integritasnya yang mumpuni. Universitas ini juga mempunyai beberapa jurusan menarik yang bisa detikers pilih seperti Fisika, Matematika, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Hukum dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa daftar universitas swasta terbaik 2019 di Indonesia versi Kemenristekdikti. Selain daftar ini, detikers juga bisa untuk mencari informasi daftar universitas terbaik di tahun-tahun sebelum atau sesudahnya. Dengan begitu, detikers semakin banyak pengetahuan dan referensi mengenai PTS terbaik untuk dipilih apabila tidak diterima di PTN. (erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia