Pilihan Universitas dengan Jurusan Psikologi Terbaik untuk Jadi Tujuan Kuliah

Tim detikcom - detikEdu
Kamis, 25 Feb 2021 14:00 WIB
Untuk menjawab tantangan di tengah pandemi dan mempersiapkan skenario new normal perguruan tinggi, ada beberapa kiat-kiatnya nih. Penasaran?
Pilihan Universitas dengan Jurusan Psikologi Terbaik Untuk Menjadi Tujuan (Ilustrasi: Tim detikcom)
Jakarta - detikers yang saat ini duduk di bangku SMA tahun ketiga mungkin sedang merasakan galau yang cukup berat. Sebab sudah mulai harus menentukan jurusan kuliah dan universitas impian yang ingin dituju untuk melanjutkan studinya.

Beberapa dari detikers mungkin sudah pernah mendengar tentang jurusan psikologi yang sering menjadi minat dari banyak anak SMA. Mungkin juga salah satu dari detikers sudah memiliki tekad dan keinginan yang bulat untuk mendaftar dan lolos untuk menjadi mahasiswa dari jurusan psikologi.

Detikers perlu tahu, nih universitas terbaik jurusan psikologi agar semakin yakin dalam memilih jurusan ini. Selain itu juga perlu untuk detikers tahu tentang prospek kerja dari jurusan ini untuk membantu detikers membuat perencanaan di masa depan.

Keuntungan dan Prospek Kerja Jurusan Psikologi


Sebelum detikers membaca tentang universitas terbaik jurusan psikologi, perlu untuk tahu tentang apa saja keuntungan yang didapatkan dari menempuh jurusan ini. Tentu saja, untuk para mahasiswa jurusan ini memiliki kesempatan untuk menjadi tenaga pengajar atau dosen dalam bidang yang berkaitan.

Selain itu, bagi detikers yang juga senang belajar tentang filsafat, jurusan ini cocok juga karena nantinya juga akan mempelajari filsafat sebagai bagian dari pembelajaran di kelas.

Mempelajari jurusan ini juga cocok untuk detikers yang senang untuk mempelajari hal baru dan membuka diri terhadap wawasan yang dapat membuat diri menjadi pribadi yang semakin lebih baik. Tentu saja, kemampuan diri akan semakin meningkat karena detikers akan mempelajari berbagai macam kepribadian dan pola manusia di jurusan ini.

Menentukan universitas terbaik jurusan psikologi memang memiliki peran yang cukup besar karena juga akan menentukan prospek kerja untuk ke depannya.

Ketika detikers sudah lulus dari jurusan ini, detikers nantinya dapat menjadi seorang ahli dalam beberapa bidang, seperti intervensi sosial yang mengatasi berbagai permasalahan dalam masyarakat, psikometri, dan juga riset yang berhubungan dengan bidang psikologi.

Bagi detikers yang bercita-cita menjadi konsultan, tentu saja dengan masuk ke dalam jurusan ini dapat membuat detikers menjadi seorang konsultan psikologi yang handal dalam melayani pasien nantinya. Masih banyak peluang kerja yang dimiliki oleh seorang dari jurusan psikologi yang dapat detikers coba.

Daftar Universitas yang Memiliki Jurusan Psikologi Terbaik


Bagi detikers yang ingin mencari universitas terbaik jurusan psikologi, perlu untuk mengetahui terlebih dahulu tentang program untuk masuk ke jurusan psikologi yang ada di Indonesia. Secara umum, program yang ada yaitu untuk sarjana dan juga pascasarjana bagi yang ingin melanjutkan studi psikologinya ke tahap yang lebih tinggi lagi.


Beberapa universitas memberlakukan persyaratan seperti kemampuan dalam berbahasa, terutama bahasa inggris memiliki standar skor tertentu sehingga detikers perlu untuk melihat persyaratan yang dibutuhkan agar dapat memenuhi standar untuk menjadi mahasiswa jurusan psikologi. Persyaratan seperti ini biasanya diberikan tes dari pihak universitas atau juga perlu untuk membawa sertifikat sendiri.


Detikers yang ingin menempuh ilmu di universitas terbaik jurusan psikologi, terdapat dua jenis universitas yang dapat menjadi tujuan, yaitu negeri dan swasta.

Untuk universitas negeri, terdapat beberapa universitas ternama yang memiliki jurusan psikologi yang terbaik. Universitas tersebut diantaranya yaitu Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, dan juga UIN Jakarta.

Terdapat pula berbagai nama universitas swasta yang memiliki jurusan psikologi terbaik. Berikut universitas tersebut diantaranya Universitas Islam Indonesia atau UII, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Sanata Dharma, Universitas Gunadarma, dan juga Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya yang berlokasi di Jakarta. Detikers dapat memilih untuk masuk universitas mana yang sesuai dengan keinginan.

(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia