Pemuda Ciamis Ini Jadi Presiden BEM di Columbia University, Siapakah Dia?

Pemuda Ciamis Ini Jadi Presiden BEM di Columbia University, Siapakah Dia?

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 30 Jan 2023 13:30 WIB
Pemuda Ciamis jadi Presiden BEM di Columbia University
Foto: Dok. Pribadi Deris Nagara
Jakarta -

Diam-diam seorang pemuda Ciamis menjadi Presiden BEM di School of International and Public Affairs (SIPA) Columbia University. Dialah sosok Deris Nagara.

Deris resmi menjadi ketua BEM fakultas tersebut untuk periode 2023-2024. Hingga kini, belum ada pemuda asal Indonesia yang pernah menduduki posisi ini.

"Iya di SIPA Columbia (University), betul. Karena belum pernah ada dari Indonesia," ungkapnya saat dikonfirmasi detikEdu, Senin (30/1/2023).

Meski belum lama menjabat, diakuinya ada banyak hal yang dia pelajari. "Pemuda Ciamis to the World. Banyak belajar pokoknya!" ujarnya dalam akun Instagram pribadi.

Rasanya Jadi Presiden BEM di Columbia University

Deris mengaku bangga sekaligus bersyukur dapat memimpin mahasiswa dari berbagai negara di salah satu kampus top dunia. Kini dia banyak belajar mengenai implementasi kebijakan publik dan internasional serta politik internasional.

Peraih penghargaan Pemuda Inspiratif Indonesia 2021 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI itu banyak mengenal dan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan melalui pengalaman tersebut. Tentunya, hal ini membuatnya dapat memperdalam praktik berjejaring atau networking.

"Menghadapi dan memberikan solusi serta advokasi, kebijakan, dan pelayanan terhadap berbagai macam tantangan dan permasalahan mahasiswa. Suara mahasiswa!" lanjutnya.

Sepak terjang laki-laki asal Ciamis dalam pemberdayaan pemuda dan pengembangan komunitas rupanya bukan pengalaman yang singkat. Dia telah melakukannya hampir 10 tahun.

"Bisa terus dedikasi dalam pemberdayaan dan pengembangan komunitas yang sudah Deris lakukan lebih dari 9 tahun," kata dia.

Meski sibuk menjadi ketua BEM dan berbagai kegiatan lain, Deris tidak melupakan kewajiban utama. Dia mengatakan belajar tetap menjadi prioritas. Waktu untuk teman dan keluarga pun tak lupa diberikan.

"Banyak orang-orang baik! Banyak belajar dari berbagai latar belakang teman-teman di sini. Sangat bersyukur," ucapnya.

Deris mengatakan ada banyak pelajaran yang bisa diterapkannya di Indonesia untuk bisa terus mengabdi kepada Tanah Air.

Sebagai informasi, Deris menjadi mahasiswa Columbia University melalui beasiswa LPDP Kemenkeu RI. Sebelumnya, detikEdu juga sempat memberitakan mengenai Deris.

Saat itu, dia menceritakan kembali pengalamannya tidak lolos seleksi perguruan tinggi negeri, tetapi meraih pengalaman di Belanda untuk kuliah sekaligus magang. Baca pengalaman Deris sebelumnya melalui link berikut ini!



Simak Video "Kisah Deris Nagara, Pemuda Ciamis yang Jadi Presiden BEM Columbia University"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia