Jadi Relawan Gempa Cianjur, Mahasiswa Unpad Berbagi Pengalaman

Jadi Relawan Gempa Cianjur, Mahasiswa Unpad Berbagi Pengalaman

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Senin, 28 Nov 2022 18:00 WIB
Mahasiswa Unpad Relawan Gempa Bumi Cianjur
Foto: Dok. Unpad
Jakarta -

Sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) yang tergabung dalam Forum Komunikasi Padjadjaran Rescue turut berperan sebagai relawan gempa bumi di Cianjur.

Gempa dengan kekuatan Magnitudo 5,6 itu menelan ratusan korban jiwa. Selang beberapa jam setelah bencana terjadi, pada Senin (21/11), tim medis beserta relawan mahasiswa Unpad segera menuju lokasi untuk memberi bantuan.

Dua di antara relawan mahasiswa itu ialah Asyurifa Fauzi dan Viona Liuprilita Budiman yang berasal dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Melalui situs resmi kampus, keduanya membagikan pengalamannya.

"Jadi saya sangat tertarik untuk membantu kota sendiri juga. Nggak nyangka Cianjur kota kecil tapi bencananya bisa dibilang besar," kata Viona.

Paparkan Alasan Menjadi Relawan

Sebagai warga asli Cianjur, Viona tergerak untuk membantu sesamanya. Terlebih, gempa bumi yang terjadi di wilayah Cugenang itu terbilang parah hingga menelan ratusan korban jiwa.

Sementara itu, alasan Fauzi tergerak menjadi relawan karena Cianjur menjadi kota yang sering ia kunjungi. Bahkan, banyak teman-temannya yang tinggal di wilayah tersebut.

Usai kabar mengenai bencana alam itu, komunikasi dalam forum intens dilakukan. Tujuannya untuk mempersiapkan keberangkatan relawan menuju lokasi bencana. Lantas, Fauzi dan Viona segera mendaftar sebagai relawan atas inisiatifnya.

Viona dan Fauzi Bertugas di Posko

Setibanya di wilayah gempa, relawan Unpad melangsungkan asesmen mengenai kondisi dan apa saja yang dibutuhkan penyintas. Setelahnya, relawan dibagi ke dalam beberapa tim untuk membantu proses evakuasi di lapangan, membantu pengelolaan bantuan di posko serta bertugas di rumah sakit sebagai tim medis.

Viona dan Fauzi mendapat tugas di posko. Meski tidak turun langsung ke lapangan, keduanya mengaku belajar banyak hal selama bertugas di posko, mereka berhadapan lagsung dengan penyintas yang meminta bantuan logistik.

"Pas ke sini (penyintas) sedikit membeludak, tetapi alhamdulilah bisa diatasi," cerita Fauzi.

Menurutnya, selama bertugas mereka harus memilah dan memprioritaskan siapa siapa saja yang menerima bantuan. Sebab, kebutuhan barang tidak terlalu banyak sehingga ia harus melakukan asesmen terlebih dahulu.

Belajar Manajemen Bantuan untuk Korban

Keikutsertaan Fauzi dan Viona sebagai relawan bencana gempa bumi Cianjur menjadi pengalaman kali pertamanya bagi mereka. Hal ini tentu jadi pelajaran yang berharga.

Sebagai salah satu mahasiswa relawan di daerah bencana mendorong Fauzi untuk lebih peka terhadap sesama, Tak hanya itu, ia juga mendapat pengalaman terkait manajemen bantuan untuk korban agar tepat sasaran dan merata.

Sementara itu, Viona belajar untuk lebih bersyukur atas apa yang diberikan sang pencipta. Ia berharap Cianjur segera pulih seperti sedia kala.

"Meskipun keluarga di Cianjur, syukur masih dilindungi. Semoga apa yang terjadi di Cianjur bisa segera pulih," pungkas Viona.



Simak Video "Fakta-Fakta Ngeri Mahasiswa Unpad Tewas di Tangan Teman Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia