Ini Pelajaran yang Paling Berdampak bagi Karier Nadiem Makarim, Bukan Ekonomi

Ini Pelajaran yang Paling Berdampak bagi Karier Nadiem Makarim, Bukan Ekonomi

Nikita Rosa - detikEdu
Sabtu, 26 Nov 2022 19:00 WIB
Menteri Pendidikan Nadiem Makarim
Menteri Pendidikan Nadiem Makarim. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Kemdikbud RI)
Jakarta -

Nadiem Anwar Makarim mulai dikenal sejak merintis perusahaan ojek online Gojek. Kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Nadiem kerap mendapat pertanyaan mengenai mata pelajaran sekolah yang paling memberikan dampak bagi kariernya.

Nadiem menjawab pertanyaan tersebut dalam perayaan Hari Guru Nasional 2022: Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar yang disiarkan secara Live pada YouTube Kemendikbud RI Sabtu (26/11). Nadiem bercerita, pihak yang menanyakan acap kali mengira jawabannya adalah ekonomi, bahasa Indonesia, atau bahasa Inggris. Namun jawaban Nadiem berbeda.

"Sebenarnya satu mata pelajaran yang paling punya dampak kepada karier saya sebagai entrepreneur atau menteri adalah teater," ungkap Nadiem.

Mas Menteri bercerita, semasa sekolah dulu ia senang dengan mata pelajaran teater atau bermain peran. Bahkan, ia sampai mengikuti ekstrakurikuler itu.

Menurutnya, ia belajar untuk percaya diri dan kolaborasi lewat pelajaran teater. Dari situlah kemampuan berbicara di depan publiknya terasah.

"Saya belajar keberanian untuk tampil di depan pangung dengan risiko dipermalukan di depan semua temen-temen saya. Dari situlah saya belajar kepercayaan diri untuk public speaking," ujarnya.

Menyambung hal ini Nadiem mengingatkan bahwa setiap siswa memiliki talentanya masing-masing. Lanjutnya, hal ini dapat terwujud apabila sekolah maupun guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.

"Anak-anak di dalam ruang kelas kita ada talenta-talenta khusus yang hanya akan bisa keluar kalau kita punya paradigma diferensiasi," kata pencetus Kurikulum Merdeka itu.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berfokus memberikan keleluasan pada siswa untuk meningkatkan potensinya. Model pembelajaran ini berpaku pada minat hingga kesiapan belajar siswa.

"Kalau kita punya paradigma setiap anak itu beda dan kita bisa melakukan treatment yg berbeda kepada anak-anak. Walaupun kelihatanya repot ya. Tapi kalau kita mencoba, eh ternyata bisa," pungkas Nadiem.



Simak Video "Elon Musk Beberkan Rahasia Tetap Produktif pada Nadiem Makarim"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia