594 Tim Daftar Madrasah Robotics Competition di UNY, Hadiah Rp 300 Juta!

594 Tim Daftar Madrasah Robotics Competition di UNY, Hadiah Rp 300 Juta!

Devi Setya - detikEdu
Jumat, 28 Okt 2022 12:30 WIB
Siswa-siswi SMAMDA Sidoarjo ciptakan kaki palsu robotik
Ilustrasi lomba robotika Foto: Suparno
Jakarta -

Madrasah Robotics Competition (MRC) 2022 dijadwalkan digelar pada 22-23 November 2022. Hampir 600 tim dari madrasah telah mendaftar ajang ini, mereka memperebutkan kuota yang hanya dibuka terbatas untuk 30 tim saja.

Madrasah Robotics Competition adalah program tahunan yang diselenggarakan Direktorat KSKK Madrasah sejak 2015. Tahun 2022 ini, MRC digelar untuk kali ke-8.

MRC 2022 ini mengambil tema: The Next Generation of Robots: Making Better Life. Puncak kompetisi MRC 2022 akan digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada 22-23 November 2022.

Untuk hadiah yang ditawarkan, pihak panitia sudah menyiapkan total hadiah sebesar Rp 300 juta yang akan dibagi sesuai jenjang dan kategori lomba.

Lomba skala nasional untuk siswa madrasah tahun ini berhasil menarik banyak perhatian. Terbukti dengan membludaknya peserta yang mendaftar kompetisi di bidang robotik ini.

Dikutip dari laman Kemenag (28/10/2022), Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh. Isom menyatakan, sampai batas akhir pendaftaran 26 Oktober 2022 panitia mencatat ada 594 tim yang mendaftar.

Kuota untuk Tiap Jenjang Madrasah

Untuk MRC 2022 ini, setiap jenjang madrasah dan kategori dibatasi hanya menerima 30 tim saja. Dengan demikian, dari 594 tim yang mendaftar nantinya akan melewati proses seleksi ketat.

"Pendaftar MRC tahun ini mencapai 594 tim, lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 490 tim. Ada kenaikan sekitar 18%," jelas Isom.

Lebih lanjut, Isom mengatakan bahwa kuota yang terbatas ini tidak menjadi penghalang untuk siswa-siswi madrasah yang ingin mencoba menunjukkan prestasi di bidang robotik. Mereka tetap mendaftar dan mengikuti proses seleksi administrasi.

Ketika mendaftar, para siswa madrasah diminta untuk mengirimkan proposal dan video sebagai bahan seleksi. Seluruh dokumen ini dikirim melalui sistem online.

Hanya proposal dan video yang lolos seleksi yang nantinya akan diikutsertakan pada ajang MRC 2022. Tentunya, tim yang terbaik yang akan lolos seleksi.

Karena mengalami lonjakan yang signifikan, proses pendaftaran sempat terganggu hingga akhirnya panitia memutuskan untuk memperpanjang waktu pendaftaran.

"Kenaikan pendaftar ini sempat menaikkan traffic server, sebab pendaftar mengupload makalah dan video di hari terakhir pendaftaran secara bersamaan. Proses upload video sempat lemot," terangnya.

Jumlah Pendaftar MRC 2022

Madrasah Ibtidaiyah
1. Robot Inovasi: 52 tim
2. Mobile Robot: 43 tim

Madrasah Tsanawiyah
1. Robot Inovasi: 143 tim
2. Battle Robot: 76 tim

Madrasah Aliyah
1. Robot Inovasi: 196 tim
2. Battle Robot: 84 tim

Peserta Berasal dari 28 Provinsi

Para peserta yang mendaftar berasal dari 28 provinsi di Indonesia. Peserta berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bali, Sumatera Selatan, Riau , NTB, Sulawesi Selatan, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Aceh, Gorontalo, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Kepulauan Riau, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Papua Barat, NTT, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun peserta yang jumlahnya mendominasi yakni dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Yogyakarta

Nantinya, hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 1 November 2022 melalui website resmi Kementerian Agama dan website pendaftaran MRC 2022.

Para pendaftar yang lolos seleksi awal ini akan menjadi peserta MRC 2022 di Yogyakarta pada 22-23 November 2022.



Simak Video "Dunia Robotik Makin Berkembang Pesat, Manusia Perlu Khawatir?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia