Dosen ITB Ini Ciptakan Kendaraan Segala Medan, Seperti Apa Bentuknya?

Dosen ITB Ini Ciptakan Kendaraan Segala Medan, Seperti Apa Bentuknya?

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 10 Okt 2022 13:30 WIB
Dosen FSRD ITB ciptakan kendaraan segala medan
Dosen FSRD ITB, Andryanto Rikrik Kusmara kendarai Modultrax, kendaraan segala medan ciptaan rekannya, Bismo Jelantik. Foto: FSRD ITB
Jakarta -

Dosen program studi (prodi) Desain Produk Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, Bismo Jelantik menciptakan sebuah kendaraan segala medan atau all terrain vehicle. Kendaraan ini dia namakan Modultrax.

Kebutuhan distribusi vaksin COVID-19 ke daerah terpencil melatarbelakangi Bismo menciptakan kendaraan tersebut. Idenya turut dibarengi oleh pengembangan ekosistem pembangkit listrik modular di pulau yang belum terdistribusi BBM.

Di sisi lain, penjualan mobil dan motor juga terkendala akibat pandemi. Ditambah relasinya dengan pihak dari industri komponen otomotif, dosen ITB ini pun akhirnya melihat adanya peluang bekerja sama mengurai masalah distribusi barang-jasa di Indonesia.

Telah Memegang HAKI

Sejak awal tahun 2021, Bismo sudah mulai merancang konsep produk. Pembuatan konsep dan desain kendaraan segala medannya itu menggunakan teknologi 3D CAD (Computer Aided Design).

Meski awalnya hanya ditargetkan sampai pembuatan desain, Bismo rupanya mampu menyelesaikan hingga pembuatan prototipe.

Dosen FSRD ITB ciptakan kendaraan segala medanDosen FSRD ITB ciptakan kendaraan segala medan Foto: ITB

Kendaraan ciptaan Bismo mempunyai sistem kargo modular yang bisa dihubungkan dengan perkakas yang diperlukan, misalnya alat pertanian, rak pengangkut, dan sebagainya. Selain itu, Modultrax adalah kendaraan listrik yang memanfaatkan sumber daya baterai.

Prototipe kendaraan segala medan tersebut dapat digunakan untuk menempuh jarak sejauh 50 kilometer. Menurut Bismo, ada banyak bidang keilmuan yang terlibat dalam proses pembuatannya.

"Pengalaman seperti ini bisa jadi masukan untuk para peneliti, kemudian dapat diteruskan sebagai bahan ajar untuk mahasiswa," kata dia, dikutip dari laman kampus pada Senin (10/10/2022).

Desain Modultrax sendiri telah memiliki HAKI dan prototipe tahap pertama tengah diuji coba. Bismo mengatakan, sebetulnya ada banyak pihak yang tertarik dengan inovasinya itu. Namun, karena belum masuk e-catalogues, maka masih belum bisa dipesan.

Dosen FSRD ITB ini pun berharap supaya segera memperoleh izin untuk memproduksi ciptaannya itu secara massal.



Simak Video "Pelajar di Garut Jadi Sorotan, Lulus SNMPTN ITB Tapi Terhimpit Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia