Mantul! Undip Sediakan Makan Gratis untuk Mahasiswa tiap Selasa dan Rabu

Mantul! Undip Sediakan Makan Gratis untuk Mahasiswa tiap Selasa dan Rabu

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 07 Okt 2022 12:00 WIB
Program makanan gratis bergizi untuk mahasiswa Undip.
Program makanan gratis bergizi untuk mahasiswa Undip. Foto: Dok. Undip
Jakarta -

Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) bisa mendapatkan makanan gratis bergizi dari kampus sejak awal bulan September sambil kuliah luring. Saat ini, paket makanan gratis bergizi Undip terdiri dari rice bowl dengan variasi menu berbeda tiap hari dan minuman.

Dikutip dari laman Undip, pembagian makanan gratis bergizi untuk mahasiswa ini merupakan salah satu program Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. Rektor Undip periode 2019-2024 ini sebelumnya juga menjabat sebagai Rektor Undip 2015-2019.

Program Makanan Gratis Bergizi di Undip

Pada program ini, pembagian makanan gratis bergizi diberikan setiap Selasa dan Rabu mulai pukul 11.00 WIB.

Saat ini, ada sejumlah titik pembagian makanan untuk mahasiswa di kampus Undip Tembalang, yaitu di halaman Student Center Undip, selasar aula Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip, dan parkiran SA-MWA Undip. Di samping itu, ada juga pembagian makanan untuk mahasiswa di kampus Undip Pleburan yang bertempat di Auditorium Imam Barjo.

Prof. Yos menuturkan, jumlah makanan dan jumlah hari pembagian makanan akan ditambah secara bertahap di periode selanjutnya sebagaimana yang diterapkan sejak Selasa (4/10/2022).

Supervisor Subbagian Kesejahteraan Mahasiswa dan Layanan Alumni Undip Supadmi, S.IP. menjelaskan, program ini dijalankan Bagian Kemahasiswaan Undip bersama Bidang Kesejahteraan Mahasiswa (KESMA) BEM Undip.

Sementara itu, menu makanan dikoordinasikan dengan U-Food dengan memperhatikan nutrisinya agar mendukung energi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan selanjutnya.

"Dalam satu hari kami membagikan 1.450 porsi makanan. Di kampus Undip Tembalang ada tiga titik, masing-masing ada 400 porsi, dan di kampus Undip Pleburan ada 250 porsi makanan untuk dibagikan kepada mahasiswa," kata koordinator pembagian makanan bergizi Undip tersebut.

"Pembagian makanan bergizi merupakan agenda berkelanjutan sampai akhir tahun ini, dan semoga bisa berlanjut di tahun berikutnya," harapnya.

Gagasan Makanan Gratis untuk Mahasiswa di FISIP Undip

Gagasan pembagian makanan grati bergizi dua kali seminggu juga diusung Isdaryati, alumnus Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip angkatan 1983.

Lewat gerakan Warung HMPSIP, tak kurang dari 100 nasi kotak diberikan pada mahasiswa FISIP Undip pada hari Senin dan Kamis. Isdaryati menuturkan, jumlah makanan terus bertambah seiring beberapa alumni lain turut mendaftarkan diri menjadi donatur.

"Untuk mahasiswa yang kurang mampu, paling tidak mereka ada makan siang," ujar Isdaryati dikutip dari laman FISIP Undip.

Soal pemilihan hari, ia mengatakan, hari Senin dan Kamis dipilih Isdaryati setelah berkoordinasi dengan Dekan FISIP Undip Hardi Warsono.

Menurut penjelasan Dekan FISIP Undip, pihak kampus Undip sudah mengadakan kegiatan pembagian makanan gratis untuk mahasiswa di hari Selasa dan Rabu.

Sementara itu, di hari Jumat, banyak orang sudah berbagi lewat masjid. Karena itu, ia mantap membagikan makanan gratis di hari Senin dan Kamis untuk menyasar kebutuhan mahasiswa.

Untuk pembagian makanan gratis bergizi ini, Isdaryati menggandeng mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Progam Studi Ilmu Pemerintahan (HMPSIP) FISIP Undip.

"Saya ingin ngajakin anak-anak itu berbagi, termasuk dalam mengatur dana dan mengatur kegiatan pada saat pengadaan berbagi makannya itu berlangsung," terangnya.

Isdaryati menuturkan, ia semula tergerak berbagi makanan gratis saat melihat kondisi warga dan pembagian makanan saat pandemi COVID-19.

"Aku pikir kenapa nggak menyasar ke mahasiswa juga, karena temanku sendiri mengalami ketika kena COVID-19 kemarin, kuliahi anake (menguliahkan anaknya) berantakan," tutur pengusaha di Solo ini.

Ia pun berharap, kegiatan ini dapat memotivasi orang lain untuk bersedekah lewat pembagian makanan gratis kepada mahasiswa di fakultas-fakultas lain.



Simak Video "Motif Pembunuhan Mahasiswa Unpad: Sakit Hati Foto Aib Akan Disebar"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia