Mahasiswa Unpad Kini Bisa Makan di Kantin Akademik Halal dan Thayyib, Apa Itu?

Mahasiswa Unpad Kini Bisa Makan di Kantin Akademik Halal dan Thayyib, Apa Itu?

Devi Setya - detikEdu
Rabu, 05 Okt 2022 18:02 WIB
kantin halal unpad
Suasana area kantin halal Unpad Foto: Humas Unpad
Jakarta -

Ada pemandangan baru di GOR Santika Kampus Jatinangor Universitas Padjadjaran (Unpad). Di sini ada kantin halal dan thayyib yang menyajikan makanan bagi dosen hingga mahasiswa.

Dikutip dari laman resmi Unpad (5/10) kantin halal dan thayyib ini merupakan bagian dari fasilitas baru di Unpad. Dengan adanya fasilitas kantin ini diharapkan bisa menyediakan makanan yang baik secara syariat (halal) maupun memenuhi syarat keamanan pangan (thayyib).

Diungkapkan oleh Ketua Pusat Riset Halal atau Padjadjaran Halal Center Unpad Dr. Souvia Rahimah, M.Sc., pengembangan Kantin Akademik Halal dan Thayyib tersebut merupakan hasil kerja sama Unpad dengan Bank Indonesia (BI).

"Kegiatan ini untuk menjamin warga Unpad bisa mendapatkan makanan halal dan thayyib," kata Souvia.

Kerja sama Unpad dan BI

Hadirnya kantin ini merupakan hasil kerja sama Unpad dengan BI melalui Padjadjaran Halal Center. Proses pengembangan kantin halal ini telah dilakukan sejak 2020.

Sebelum diresmikan pada Selasa (4/10) para calon tenant di kantin ini lebih dulu diberi pelatihan bagaimana memproduksi pangan baik. Setidaknya ada 34 pelaku usaha kantin mengikuti pelatihan tersebut.

Usai mengikuti pelatihan tahap pertama, peserta dilanjutkan mengikuti pelatihan tahap kedua yang digelar pada 2021. Pada tahap ini, peserta melakukan praktik langsung bagaimana memproduksi produk pangan yang halal dan thayyib.

Pelaku usaha dikontrak selama 1 tahun

Selama masa pelatihan, para pelaku usaha diberi pengetahuan tentang menangani bahan makanan hingga proses penggunaan alat masak. Semua proses dimulai dari pemilihan bahan baku produk halal, penggunaan alat pendukung, hingga proses produksi yang sesuai dengan standar halal.

Dari 34 pelaku usaha ini kemudian terpilih 8 yang dianggap paling memenuhi kriteria. Delapan pelaku usaha ini kemudian dikontrak satu tahun menjadi mitra kantin halal Unpad.

"Mereka akan dikontrak selama satu tahun untuk menyelenggarakan produksi makanan yang halal dan thayyib. Kalau dirasa cukup, mereka akan gantian dengan pengusaha yang lain untuk dilatih di sini," jelas Souvia.

Dilakukan pengawasan dan pendampingan

Meskipun telah terpilih sebagai mitra dan diizinkan berjualan makanan di Kantin Akademik Halal dan Thayyib Unpad, tapi tetap dilakukan pengawasan pada seluruh pelaku usaha ini.

Tujuannya agar seluruh proses produksi makanan terjamin halal dan thayyib. Kantin ini juga diharapkan bisa menjadi media edukasi bagi para pelaku usaha.

Kesempatan lain juga terbuka bagi para mitra ini, seperti mendapat pendampingan untuk mendapatkan sertifikat halal.

"Pendampingan dilakukan oleh 53 Penyelia Halal yang ada di Unpad dan dibantu mahasiswa Pascasarjana di FTIP Unpad yang mengambil mata kuliah Teknologi Pangan Halal," tambah Souvia.

Menjadi contoh kantin halal

Dr. Edy Suryadi, M.T, selaku inisiator kerja sama Unpad dengan Bank Indonesia menyampaikan harapannya agar kantin halal ini dapat menjadi contoh bagi kantin lain.

"Harapannya, kantin akademik ini menjadi contoh bagi pengelolaan kantin yang ada di lingkungan fakultas dan universitas," kata Edy.

Kantin ini terbuka bagi seluruh warga Unpad. Kantin akan beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Kedepannya, seluruh kantin di kampus Unpad juga akan menerapkan kantin halal dan thayyib. Hal ini menjadi salah satu fasilitas yang disediakan untuk menjamin mahasiswa dan dosen Unpad mendapatkan makanan yang halal dan juga berkualitas.



Simak Video "Fakta-Fakta Ngeri Mahasiswa Unpad Tewas di Tangan Teman Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia