Mantab! Putra Indonesia Sabet Juara 1 MTQ Internasional

Mantab! Putra Indonesia Sabet Juara 1 MTQ Internasional

Nikita Rosa - detikEdu
Rabu, 05 Okt 2022 08:00 WIB
Farhan Muhammadi, Pemenang Kompetisi MTQ Internasional
Farhan Muhammadi, Pemenang Kompetisi MTQ Internasional. (Foto: Kemenag RI)
Jakarta -

Putra Indonesia kembali meraih prestasi dalam Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Internasional. Farhan Muhammadi mengantongi juara 1 Cabang Hafalan 5 Juz dan Tilawah pada MTQ Internasional di Maroko.

"Alhamdulillah, kita berbahagia, bersyukur, dan berbangga. Satu lagi prestasi gemilang tingkat internasional diraih anak-anak bangsa," ungkap Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin dikutip dari situs Kemenag RI, Selasa (4/10/22).

Perlombaan MTQ Internasional yang diikuti oleh Farhan itu diramaikan oleh peserta dari 42 negara. Dari total 60 peserta, Farhan berhasil meraih juara pertama.

"Selamat kepada Ananda Farhan. Kesuksesan dan prestasi berikutnya Insya Allah akan menyusul," pungkas pria yang juga Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Nasional itu.

Farhan Muhammadi merupakan remaja kelahiran Medan, Sumatera Utara. Ia menyelesaikan studinya di Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an (PTIQ) Jakarta.

Putra dari Fadhlan Zainuddin dan Mahmuda Harza itu berhasil meraih Juara 1 MTQ Internasional Maroko dengan latihan dua pekan saja.

"Alhamdulillah, sangat bersyukur kepada Allah karena mendapatkan nikmat juara. Apalagi persiapan mendadak, hanya dua pekan," ungkapnya.

Indonesia Dulang Prestasi di Kompetisi MTQ Internasional

Pada tahun 2022, Indonesia terus mendulang prestasi pada kompetisi MTQ Internasional.

Dilansir dari situs Kemenag RI, awal tahun ini disambut meriah dengan kemenangan Aisyah Nur Ramadhani Internasional Tijan An-Nour di Qatar. Siswi kelas VIII 2 MTsN 1 Andalan Pekanbaru yang baru berusia 13 tahun itu berhasil meraih juara 1 dari 51 peserta dari berbagai negara.

Kemudian, Indonesia kembali menyabet posisi pertama pada The 4th Holy Quran Recitation Competition Kazan OIC Youth Capital 2022 di Kazan, Rusia. Dewi Yukha Nida, hafizah asal Trenggalek itu mengikuti Musabaqah Hifzil Qur'an (MHQ) sebanyak 30 Juz.

Bulan Juni pada The American International Tivyan Competition for The Quran and Its Recitations, dua hafiz dan hafizah Indonesia meraih juara 2 serta suara terbaik dari 22 negara yang hadir. Adalah Jihan Afifah dan Lalu Muh.Khairurrazaq Al-Hafizi yang mengharumkan nama Indonesia pada ajang bergengsi itu.

Akhirnya prestasi terbaru ditorehkan oleh Farhan Muhammadi dalam kompetisi MTQ Internasional di Maroko. Selamat untuk para juara!



Simak Video "Ini Nono, Siswa SD NTT yang Menang Lomba Matematika Tingkat Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia