Kisah Naira Azra, Siswa SMA Cikal Peraih Medali di Olimpiade Kedokteran Nasional

Kisah Naira Azra, Siswa SMA Cikal Peraih Medali di Olimpiade Kedokteran Nasional

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 30 Sep 2022 09:30 WIB
siswa SMA Cikal Lebak Bulus yang berhasil meraih medali perak di olimpiade kedokteran nasional
Foto: Doc. cikal.co.id/siswa SMA Cikal Lebak Bulus
Jakarta -

Mengikuti berbagai kegiatan seperti perlombaan dapat memperluas pengalaman saat duduk di bangku sekolah. Hal semacam ini menjadi pembelajaran berharga dari salah satu siswa SMA Cikal Lebak Bulus bernama Naira Azra Senen.

Naira, panggilan singkatnya, berhasil meraih medali perak di Olimpiade Kedokteran Nasional yang digelar secara secara daring pada Juli 2022. Dia bersaing dengan 1900 murid SMP-SMA dari berbagai sekolah di Indonesia.

Naira mengungkapkan bahwa pencapaiannya itu bukanlah tujuan utama. Sejak awal ia mengaku ingin mengikuti olimpiade agar bisa mendapatkan pengalaman.

Kompetisi Olimpiade Kedokteran Nasional ini pun adalah olimpiade pertama baginya di mana ia menemukan informasi tersebut dari media sosial Instagram di waktu senggangnya.


Sempat Ragu Ikut Olimpiade

Awal Naira melihat poster olimpiade kedokteran ini adalah melalui iklan yang biasanya lewat ketika bermain sosial media Instagram.

Saat itu, ia melihat adanya kesempatan untuk mencari pengalaman baru dan termotivasi untuk mengikutinya.

"Dari situ saya langsung screenshot dan save poster iklan olimpiadenya," ucapnya dikutip dari laman resmi sekolah cikal, Kamis (29/9/2022).

Siswa kelas 11 ini pun mengaku awalnya sempat ragu karena ini adalah olimpiade kedokteran nasional pertamanya.

Namun, setelah melakukan refleksi mendalam dan meneguhkan tujuan untuk meraih pengalaman pengembangan diri, ia pun memutuskan untuk tetap melangkah mencoba kesempatan tanpa rasa takut.

"Sebetulnya, semakin saya lihat posternya, semakin saya ragu untuk mengikutinya karena saya tidak pernah mengikuti olimpiade nasional. Ada sedikit rasa takut untuk berpartisipasi, tidak bisa menjawab soalnya, dan lainnya," jelasnya.

"Namun, saat saya mengingat sebuah life-quote dari salah satu lirik band favorit saya: "ONE OK ROCK". Yakni "Don't be afraid to dive, be afraid that you didn't try", saya merasa termotivasi untuk mengikuti dan tidak melewati kesempatan mendapatkan pengalaman baru ini." tambah Naira.

Raih Medali Perak di Olimpiade Kedokteran Pertamanya

Dengan niatan hanya untuk meraih pengalaman baru, Naira sempat terkejut saat melihat pengumuman bahwa ia berhasil meraih medali perak di Olimpiade Kedokteran Nasional pertamanya.

Dia bercerita bahwa orang tua dan kakaknya langsung memberikan apresiasi dan menunjukkan kebahagiaan atas pengalaman serta prestasi yang diraih dirinya.

"Sesaat saya melihat pengumuman dan mendapatkan penghargaan serta medali perak, saya sangat terkejut. Meraih prestasi tersebut terasa tak nyata bagi saya karena sebetulnya, saya tidak mengharapkan penghargaan apapun di pengalaman pertama ini, dan sudah puas dengan ilmu dan pengalaman baru yang saya peroleh dari olimpiade tersebut," paparnya.

"Tetapi, Alhamdulillah, saya dapat meraih prestasi & mendapatkan medali akademis pertama saya, saya sangat senang hehe," imbuh Naira.

Apresiasi Kepala Sekolah

Sementara itu, kepala Sekolah Cikal Lebak Bulus jenjang SMP dan SMA, Ranny Iranasari Kartabrata mengungkapkan apresiasinya terhadap Naira Azra Senen yang berhasil mewakili SMA Cikal Lebak Bulus di ajang Olimpiade Kedokteran Indonesia.

"Azra adalah murid yang sangat reflektif, memiliki komitmen tinggi, bertanggung jawab, kreatif dan mampu beradaptasi dengan baik. Saya percaya Azra adalah salah satu calon pemimpin dunia di masa depan," ujarnya.

Ranny mengatakan bahwa setiap murid di sekolah cikal termasuk Azra akan selalu mendapat dukungan dalam hal mempelajari hal baru.

Kepala sekolah satu ini juga menegaskan bahwa setiap murid dapat mengembangkan dirinya melalui program-program dan kompetisi yang sesuai minat masing-masing.

"Tak lupa, setiap murid termasuk Azra selalu dibiasakan melakukan evaluasi dan refleksi diri, sehingga memahami kelebihan dan hal-hal yang perlu ditingkatkan untuk dirinya," tutur Ranny.



Simak Video "Tiga Ruang Kelas SD di Grobogan Rusak Parah, Siswa Ujian di Teras"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia