5 Manfaat Magang bagi Mahasiswa, Tambah Pengalaman-Tentukan Karier

5 Manfaat Magang bagi Mahasiswa, Tambah Pengalaman-Tentukan Karier

Devi Setya - detikEdu
Sabtu, 01 Okt 2022 08:00 WIB
Ilustrasi wanita karier
ilustrasi karier dunia kerja Foto: Shutterstock
Jakarta -

Menjadi mahasiswa saat ini dituntut harus memiliki berbagai keahlian. Lewat program magang, mahasiswa bisa merasakan sensasi dunia kerja sekaligus dapat menentukan karier masa depan.

Mahasiswa perlu memiliki keahlian dan pengalaman berorganisasi. Pengalaman seperti ini bisa didapatkan lewat berbagai kegiatan, salah satunya dengan menjadi mahasiswa magang.

Dilansir dari laman resmi Universitas Airlangga (Unair), magang menjadi langkah awal sebelum seseorang memasuki karier profesional. Mahasiswa yang belum lulus pun perlu melihat dan merasakan langsung dunia kerja agar ketika sudah lulus akan ada gambaran karier yang akan ditempuh.

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga bekerja sama dengan platform Cakap mengadakan webinar bertajuk "How Internship Impacting your Future". Kegiatan yang digelar secara daring ini bertujuan untuk menjelaskan manfaat dari magang.

Seperti dilansir dari situs Unair, Jumat (30/9/2022), Delia Nopianti selaku Digital Marketing Specialist Cakap mengulas lima manfaat magang untuk pengembangan karier di masa depan. Berikut selengkapnya.

Manfaat Magang bagi Mahasiswa

1. Menambah Pengalaman

Kesempatan magang di perusahaan konvensional maupun perusahaan rintisan (startup) ialah fase penting bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang dipelajarinya selama kuliah secara praktik. Fase ini dapat melatih sekaligus melihat kemampuan yang dimiliki diri.

"Tentunya melatih skill, selain itu bisa mengenal kultur industri perusahaan yang kiranya cocok untuk karier kita," ucapnya.

Dengan pengalaman magang ini, mahasiswa secara tidak langsung sudah memiliki bekal sebelum masuk dunia kerja yang sesungguhnya. Bahkan beberapa perusahaan terbukti lebih menyukai kandidat karyawan yang memiliki pengalaman magang selama masa kuliah.

2. Kesempatan Belajar dari Kesalahan

Selama menjalani proses magang tentu ada banyak pengalaman yang bisa didapatkan. Termasuk pengalaman melakukan kesalahan. Siapa pun bisa melakukan kesalahan jadi hal ini bisa menjadi pelajaran di masa depan.

Melalui proses magang ini juga mahasiswa bisa belajar menerima arahan dari mentor serta memperbaiki jika terjadi kesalahan. Delia mengatakan untuk tidak berkecil hati saat melakukan kesalahan, jadikan hal ini sebagai proses pembelajaran.

"Kita harus punya prinsip berani mengeksplor dan mau diberi arahan yang lebih baik agar ke depan dapat meminimalisir kesalahan itu," jelas Delia.

3. Mengenal Budaya Kerja Perusahaan

Program magang sebagai tahapan awal memahami kultur dunia kerja yang tentu berbeda dengan dunia perkuliahan. Selama masa kuliah, maksimalkan proses pembelajaran agar dapat memperoleh ilmu yang banyak dan dapat diterapkan di dunia kerja.

"Melalui magang ini, kita bisa tahu ide atau sudut pandang baru dari rekan kerja dan belajar sikap profesionalitas dalam bekerja," sambung Delia.

Kemudian, ia memberikan contoh perbedaan magang di perusahaan dan startup dilihat dari timeline kerja dan rekan kerja. Misalnya, mayoritas di perusahaan usia rekan kerja jauh lebih tua dibandingkan mereka yang bekerja di startup sehingga pendekatannya pun berbeda. Proses magang juga menjadi jalan untuk belajar bersosialisasi.

4. Mempercantik Isi Curriculum Vitae

Dari pengalaman magang maka akan terbentuk kualitas seseorang yang dapat menarik para pencari karyawan. Disarankan bagi mahasiswa untuk memilih tempat magang yang sesuai dengan mempertimbangkan kapasitas diri.

"Jangan magang lima tempat sekaligus karena sebaiknya prioritas kuliah tetap yang utama. Biasanya lihat perusahaan yang dituju apakah bisa Work from Home (WFH), Work from Office (WFO), atau hybrid," tuturnya.

Pengalaman magang ini akan menjadi nilai tambah bagi mahasiswa. Orang yang memiliki pengalaman magang tentu akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar.

5. Menentukan Visi Karir

Magang menjadi solusi tepat bagi mahasiswa yang masih ragu dalam memilih bidang karir. Dengan kata lain, magang sebagai tempat belajar untuk mengetahui ketertarikan dan referensi karir di masa depan.

Hal ini bisa dilakoni saat mahasiswa sama sekali belum ada bayangan tentang dunia kerja. Kamu bisa memperkaya pengalaman dengan magang di berbagai dunia kerja. Meskipun terkesan menyenangkan, tetap yang harus menjadi tujuan utama adalah menyelesaikan kuliah lebih dulu.



Simak Video "Motif Pembunuhan Mahasiswa Unpad: Sakit Hati Foto Aib Akan Disebar"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia