5 Fakta Prilly Latuconsina, Pemilik Klub Bola - Ngajar di Universitas Gajah Mada

5 Fakta Prilly Latuconsina, Pemilik Klub Bola - Ngajar di Universitas Gajah Mada

Rahma Harbani - detikEdu
Minggu, 25 Sep 2022 15:00 WIB
Wisuda prilly latuconsina
Aktris Prilly Latuconsina. (Instagram @prillylatuconsina96)
Jakarta -

Aktris Prilly Latuconsina belum lama ini disebut-sebut sebagai selebriti yang akan mengisi bagian menjadi dosen tamu di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Prilly memang dikenal sebagai salah satu aktris multitalenta yang tidak hanya terjun di dunia entertainment. Gadis kelahiran 1996 itu juga menyibukkan diri sebagai penulis buku, produser, sekaligus pengusaha. Bahkan merambah pada bidang olahraga sebagai kepemilikan salah satu klub bola di Indonesia.

5 Fakta Aktris Prilly Latuconsina

1. Pemilik Klub Bola

Awal 2022 lalu, Prilly mendeklarasikan dirinya sebagai pemilik klub bola Liga 3 Persikota Tangerang. Klub bola tersebut dipilihnya karena dianggap memiliki potensi untuk maju ke Liga 2 dan bahkan Liga 1.

"Perempuan juga bisa! Akhirnya bisa resmi mengumumkan kalau sekarang aku bergabung di Persikota Tangerang sebagai pemilik," ujar Prilly yang diunggah melalui akun Instagramnya pada Minggu (30/1/2022).

Dilaporkan detikHot, ada sejumlah alasan mengapa Prilly memutuskan untuk melibatkan diri sebagai pemilik sebuah klub sepakbola. Pertama, ia mengaku, dirinya adalah tipe orang yang suka dengan hal baru.

Kedua, Prilly juga merasa masih berada dalam usia yang produktif untuk mencoba hal-hal baru dan melakukan hal-hal yang positif. "Lalu ketiga, aku melihat aktivitas adik aku Raja, dia suka main bola terus kita sering nonton bola bareng," ceritanya saat hadir dalam konferensi pers Persikota Reborn di Tangerang, Banten.

"Dan kemarin, saya nonton sepak bola AFF 2020 walaupun sedih ya kita belum bisa menang dan akhirnya aku berpikir bahwa sepakbola di Indonesia ini perlu di improve," tambahnya lagi.

Untuk itulah, kata Prilly, ia berniat untuk membenahi grassroot dari masalah sepakbola di Indonesia tersebut. Ia berpendapat, hal itu dapat dilakukan dari klub-klub bola.

"Grassroot-nya adalah klub-klub bola yang akan melahirkan talenta-talenta berkualitas, pemain-pemain terbaik untuk Timnas kita. Itu alasan kenapa aku ingin punya klub bola," ceritanya.

Di samping, Persikota Tangerang adalah klub bola di kota kelahirannya, ia memilih klub tersebut karena dianggap memiliki potensi untuk maju ke Liga 2.

2. Kuliah di LSPR

Riwayat pendidikan Prilly terbukti dari gelar sarjana Ilmu Komunikasi yang diraihnya usai menamatkan kuliah di London School of Public Relation (LSPR). Ia bahkan dianugerahi gelar cumlaude dan penghargaan sebagai Best Of The Best Graduate saat prosesi wisuda pada 2021 lalu.

Kerja keras gadis kelahiran 15 Oktober ini juga membawanya berhasil menamatkan studi S1 jurusan Public Relation Fakultas Ilmu Komunikasi LSPR selama 3,5 tahun. Atas prestasinya, LSPR juga memberikan beasiswa S2 untuk Prilly.

3. S2 di Luar Negeri

Seakan masih haus akan ilmu, gadis berdarah Ambon dan Sunda ini ternyata berencana melanjutkan S2-nya di luar negeri untuk jurusan Pendidikan. Meski ia tidak membagikan detail kampus dan negara mana yang menjadi tujuan studinya tersebut.

Prilly mengatakan, dirinya akan mengambil program online hibrida untuk gelar masternya tersebut. Dengan kata lain, pembelajaran yang diterimanya berupa gabungan antara media pembelajaran daring (online) dan luring (offline).

"Ya memang aku mau daftar di luar tapi kan ada program online hibrida jadi mungkin ke sananya beberapa bulan, beberapa semester. Sisanya bisa dilakukan via online, sudah ada program itu di kampus yang aku mau. Jadi kita coba saja dulu," terangnya.

Alumnus SMP Negeri 4 Tangerang ini mengaku, alasan ia masih berniat untuk terus melanjutkan studi di tengah-tengah aktivitasnya sebagai aktris adalah untuk menyokong kegiatannya di luar dunia entertainment.

"Nanti aku ada goals sendiri dan di luar entertainment itu aku memerlukan background pendidikan. Jadi memang background pendidikan tuh penting sih karena banyak kerjaan di luar entertainment juga yang harus aku jalani," aku dia.

4. Punya Mimpi Bangun TK atau SD

Prilly mengatakan, ia bermimpi untuk membangun sekolah ramah kesehatan mental jenjang Taman Kanak-kanak (TK) atau Sekolah Dasar (SD). Mimpinya ini berkesinambungan dengan rencananya melanjutkan S2 di jurusan Pendidikan.

"Aku pengen banget punya sekolah 'kan. Itu sudah mimpi akulah dari dulu, makanya aku punya rencana lanjut S2 jurusannya Pendidikan gitu. Karena aku pengen banget bangun sekolah. Khususnya sekolah TK atau SD," ungkapnya.

Di samping karena kecintaannya dengan anak kecil, putri pasangan Rizal Latuconsina dan Ully Djulita mengatakan, lingkungan sekolah dianggap sebagai faktor yang paling berpengaruh di usia anak.

"Kita banyak terpengaruh di sekolah dan aku pengen banget bisa membangun sekolah, bisa membangun environment (lingkungan) yang sehat buat anak-anak," jelas dia.

"Yang pasti karena aku juga peduli sama kesehatan mental, aku pengin banget punya sekolah yang juga peduli sama kesehatan mental anak-anak. Itu sih mimpi aku ya semoga bisa tercapai," sambung dia lagi.

5. Mengajar di UGM

Prilly menjadi dosen praktisi di Fisipol UGM dalam rangka program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), yaitu Praktisi Mengajar. Ia akan mengajar salah satu di Departemen Ilmu Komunikasi, Fisipol UGM atau kajian selebritas.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM, Poppy Sulistyaning Winanti membenarkan informasi ini. Ia mengatakan Prilly mulai mengajar pada pekan depan.

"Setahu saya mungkin minggu depan ya. Tapi kan namanya dosen tamu hitungannya kayak dosen tamu ya, jadi kan nggak bisa 14 kali suruh ngajar tergantung ketersediaan waktunya, disesuaikan dengan topiknya," kata Poppy, dikutip dari detikJateng.

Diketahui, Prilly sendiri yang mendaftarkan diri untuk bergabung dalam program Praktisi Mengajar tersebut. Setelahnya, pihak Kemendikbudristek mencarikan universitas yang sesuai dengan keperluan dan keahlian praktisi yang bersangkutan.



Simak Video "Kedua Kali Jadi Dosen Tamu UGM, Prilly Latuconsina Bahas Cancel Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia