Profil Prilly Latuconsina, Lulusan LSPR yang Siap Jadi Dosen UGM

Devi Setya - detikEdu
Jumat, 23 Sep 2022 14:30 WIB
Wow! Prilly Latuconsina Bisnis Mie hingga Makan Bareng Mesut Ozil
Foto: Instagram/prillylatuconsina96
Jakarta -

Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada (UGM) berkesempatan mendapat pengalaman belajar bersama aktris Prilly Latuconsina. Prilly yang lulusan London School of Public Relation (LSPR) ini akan menjadi dosen tamu di UGM.

Prilly Latuconsina dijadwalkan akan mengajar mahasiswa Fisipol UGM soal kajian selebritas mulai pekan depan. Namun belum dapat dipastikan berapa kali ia akan melakukan tatap muka dengan para mahasiswa. Kehadiran Prilly secara offline ini tentu menjadi salah satu hal menarik.


Prilly yang lahir pada 15 Oktober 1996 ini menyandang gelar sarjana Ilmu Komunikasi setelah menyelesaikan kuliah S1 di jurusan Public Relation LSPR. Saat prosesi wisuda, Prilly bahkan mendapat gelar cumlaude dan penghargaan sebagai Best Of The Best Graduate.

Riwayat pendidikan Prilly Latuconsina

Pemilik nama lengkap Prilly Mahatei Latuconsina ini memiliki riwayat pendidikan di sekolah swasta dan negeri. Ia bahkan juga pernah menempuh pendidikan homeschooling karena kesibukannya di dunia entertainment.

Pada pendidikan awal, Prilly mengenyam pendidikan di SD Islam. Ia menghabiskan masa sekolah kelas 1-6 di SDIT Asy-Syukriyyah. SDIT Asy-Syukriyyah yang berlokasi di Tangerang ini merupakan sekolah swasta khusus dengan kurikulum pembelajaran Islami.

Gadis berdarah Ambon dan Sunda ini kemudian melanjutkan pendidikannya di sekolah negeri, tepatnya di SMP Negeri 4 Tangerang. Berbeda dengan masa SD yang dihabiskan di sekolah swasta, Prilly justru menempuh pendidikan SMP di sekolah negeri.

Salah satu alasan masuk ke sekolah negeri adalah agar ia bisa bersosialisasi dengan banyak teman. Sang ayah khawatir bahwa Prilly akan menjadi anak yang kurang sosialis jika tetap sekolah di sekolah swasta lantaran jumlah siswanya yang sedikit.

Lulus dari SMP Negeri 4 Tangerang, Prilly melanjutkan sekolah di SMA Negeri 7 Tangerang. Sekolah ini merupakan salah satu SMA negeri favorit di Tangerang. Namun sayangnya, Prilly tidak sampai lulus dari sini. Ia memilih melanjutkan homeschooling karena merasa kesulitan membagi waktu antara sekolah dan kesibukan syuting.

Putri pasangan Rizal Latuconsina dan Ully Djulita ini melanjutkan sekolahnya di Homeschooling Kak Seto yang juga berlokasi di Tangerang.

Lulus dari SMA, Prilly tak langsung mendaftar kuliah. Ia sempat memutuskan untuk menunda kuliahnya. Barulah pada 2018 Prilly menempuh pendidikannya di bangku perguruan tinggi, tepatnya di London School of Public Relation (LSPR) dengan jurusan Public Relation Fakultas Ilmu Komunikasi.

Atas buah kerja kerasnya, Prilly bisa menyelesaikan studi S1 dalam waktu 3,5 tahun. Prilly lulus pada 2021 dengan predikat cumlaude. Ia juga dinobatkan sebagai Best Of The Best Graduate.

Atas prestasi ini, LSPR juga memberikan beasiswa untuk S2 Prilly. Sayangnya beasiswa ini belum diambil karena Prilly memilih untuk menunda kuliah lanjutannya.

Sibuk sebagai penulis buku

Prilly memang memiliki segudang kesibukan, namun ia masih sempat melakoni hobinya yakni menulis. Prilly gemar menulis puisi sejak masih duduk di bangku SMP.

Ia kemudian menulis buku puisi berjudul "5 Detik dan Rasa Rindu" pada 2017. Sebelumnya, Prilly mengunggah deretan puisi karyanya melalui media sosial seperti Twitter dan Instagram.

Dalam buku pertamanya ini, terdapat lebih dari 100 judul puisi. Buku ini bahkan laris di pasaran dan menjadi salah satu buku dengan penjualan terbaik.

Kemudian pada 2019, Prilly kembali menulis buku berjudul Fatamorgana. Buku kedua ini adalah jenis novel fiksi.

Aktif dalam berbagai bisnis dan organisasi

Berbagai bisnis pun digeluti Prilly meskipun dirinya disibukkan dengan aktivitas syuting. Sebut saja deretan bisnis kulinernya seperti Really Cake, Bebelly Bakery, Nona Judes, Bumbu Nona, Similly Juice dan lain sebagainya.

Aktifnya Prilly dalam dunia bisnis ini bahkan menjadikan ia salah satu wakil ketua di Gerakan Kreatif Nasional yang dibina oleh Sandiaga Uno.

Prilly juga aktif disejumlah organisasi kepengurusan lain, diantaranya menjadi Ketua Bidang Humas PARFI 56 dan Ketua Bidang Ekosistem Industri Kreatif Rumah Millennials.

Pada 30 Januari 2022, Prilly resmi mengakuisisi dan memiliki klub sepakbola yang masih berlaga di Liga 3, Persikota Tangerang. Prilly tidak menyebutkan berapa jumlah saham yang diberikan kepada Persikota Tangerang namun Prilly bertekad bisa membawa Persikota promosi ke Liga 2.

Prilly ditunjuk sebagai Duta

Prilly sering diangkat sebagai duta dalam berbagai bidang. Berikut deretan gelar duta untuk Prilly Latuconsina:

1. Duta Ayo Olahraga (2016) oleh Kemenpora
2. Duta Cegah Kanker Serviks (2017-sekarang)
3. Duta Gerakan Nasional Mencintai Al-Qur'an (2018)
4. Duta Keselamatan Berkendara Kota Tangerang (2019)
5. Duta Pajak Bumi & Bangunan Kota Tangerang (2019)
6. Duta Festival Film Indonesia 2021-2022

Itulah profil singkat Prilly Latuconsina yang punya sederet prestasi di usia muda.



Simak Video "Prilly Latuconsina Jadi Dosen Praktisi di UGM"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia