Sekolah Ideal di Masa Depan Versi Menteri Nadiem, Seperti Apa?

Laporan dari Amerika Serikat

Sekolah Ideal di Masa Depan Versi Menteri Nadiem, Seperti Apa?

Meliyanti Setyorini - detikEdu
Selasa, 20 Sep 2022 17:36 WIB
Mendikbudristek RI Nadiem Makarim menjadi salah satu panelis dalam event TES Solutions Day di markas PBB, New York, Sabtu (17/9/2022)
Foto: Meliyanti Setyorini
Jakarta -

Mendikbudristek RI Nadiem Makarim tengah melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Dalam kunjungan kerjanya, Nadiem banyak berbagi informasi dan berdiskusi seputar pendidikan. Kali ini, Nadiem menjabarkan soal sekolah ideal masa depan versi dirinya. Seperti apa?

Lewat serangkaian program dan kebijakan Merdeka Belajar, sekolah mulai bertransformasi. Begini sekolah ideal di masa depan versi Mendikbudristek Nadiem Makarim.

"Mari kita mulai dengan tahun ajar terdekat. Dalam bayangan saya visi sekolah adalah menyiapkan siswa untuk menghadapi dunia yang berbasis pada ekosistem ekonomi dan industri," ujar Nadiem dalam wawancara dengan Unicef, Senin (19/9/2022) waktu New York.

"Ketika kita masuk ke dalam kelas, kita akan mendapati kelas yang berisik, dimana semua siswa dibagi ke dalam grup yang menganalisis masalah, gurunya tidak sendiri tapi dibantu guru lain, guru dan murid saling fokus untuk menciptakan banyak solusi bukan hanya satu," ungkapnya.

"Sekolah di masa depan juga sangat memanfaatkan multimedia, bakalan banyak video, games serta aktivitas merekam yang menyenangkan di kelas-kelas," tambahnya.

"Sedangkan guru, mereka akan jadi co-creator, membangun kurikulum yang bukan seperti sekarang. Guru juga bisa datang dari luar, praktisi, berkolaborasi dengan guru di sekolah dimana mereka akan menambahkan perspektif dari kacamata bidang yang mereka kuasai dan memecahkan
masalah bersama," tutupnya.



Simak Video "Dramatis! Polisi Selamatkan Wanita yang Pingsan di Rel Kereta di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia