Raih 71 Medali, UNS Duduki Peringkat 2 Pomprov Jateng 2022

Raih 71 Medali, UNS Duduki Peringkat 2 Pomprov Jateng 2022

Devi Setya - detikEdu
Jumat, 16 Sep 2022 15:30 WIB
UNS Duduki Peringkat 2 Pomprov Jateng 2022
Mahasiswa UNS Juara Pomprov Jateng 2022 Foto: Humas UNS
Jakarta -

Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil menempati peringkat dua dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Jawa Tengah 2022. Para mahasiswa yang mengikuti 13 cabang olahraga (cabor) berhasil meraih 71 medali.

Pomprov Jateng 2022 berlangsung sejak 1-9 September 2022. Beberapa universitas menjadi tuan rumah untuk kegiatan seleksi daerah untuk atlet Jawa Tengah yang nantinya akan bertanding di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVII pada 17-26 November di Sumatra Barat.

Dilansir dari laman resmi UNS, perwakilan mahasiswa UNS yang bertanding untuk 13 cabor ini berhasil meraih 71 medali. Total medali ini terdiri dari 19 emas, 30 perak, dan 22 perunggu.

Mahasiswa UNS Raih 71 Medali di Pomprov Jateng 2022

Atas prestasi yang diraih ini, para mahasiswa tak dapat menyembunyikan perasaan bahagianya. Salah satu perwakilan mahasiswa yang akan berangkat Pomnas 2022 adalah Fiery Mufti Eldison.

Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Rekreasi dan Kesehatan (PJKR) Fakultas Keolahrgaan (FKOR) UNS ini berhasil menyabet medali emas cabor bulu tangkis pada nomor tunggal putra. Mahasiswa semester tiga tersebut menang straight games melawan perwakilan dari Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Rachmad Herdiyanto pada laga puncak dengan skor 23-21, 21-17.

"Alhamdulillah seneng banget karena ini adalah Pomprov pertama saya dan bisa dapat hasil yang maksimal. Apalagi di semi final dan final sempat tertinggal cukup jauh tapi bisa mengejar," jelasnya.

Tak hanya Fiery, ungkapan bahagia juga ditunjukkan Zidni Rahma Amaly. Mahasiswa dari Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Penkepor) FKOR UNS ini berhasil meraih medali emas pada cabang pencak silat nomor tanding kelas E putri.

"Kesannya pasti senang dan bangga. Selain membanggakan orang tua, keluarga, teman, tentunya juga UNS. Apalagi ini kesempatan terakhir saya mewakili UNS dan Jawa Tengah di Pomnas karena sudah semester akhir," ungkap Zidni.

Lebih lanjut, Zidny menjelaskan bahwa tim atlet dari UNS ini berlatih 6-10 kali dalam seminggu. Proses latihan berlangsung pada lagi dan sore hari. Dari kerja keras inilah akhirnya UNS bisa meraih puluhan medali dari 13 cabang olahraga.

"Hal lain yang perlu juga dipersiapkan yaitu mental karena mental merupakan salah satu faktor penting ketika bertanding. Bisa disebut seorang juara itu pasti memiliki mental yang bagus," tutur Zidni.

Satu mahasiswa meraih 4 medali sekaligus

Banyaknya medali yang berhasil didapatkan ini juga karena ada satu mahasiswa yang berhasil memenangkan banyak medali sekaligus, seperti Maharani Dean Pramudita.

Mahasiswa yang akrab disapa Fenix berhasil memboyong empat medali, yang terdiri dari medali emas cabor renang 200 m gaya dada perorangan putri, dan medali perunggu 100 m gaya dada perorangan putri, 50 m gaya dada perorangan putri, dan 50 m gaya kupu-kupu perorangan putri.

Mahasiswa Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) ini mengaku senang, bangga, sekaligus bersyukur karena dirinya bisa menyabet 4 medali, mulai dari emas hingga perunggu.

"Saya merasa senang dan sangat bersyukur bisa mendapatkan 1 medali emas dan 3 medali perunggu di pertandingan Pomprov pertama saya ini," ujar Fenix.

Lebih lanjut, ia juga mengucapkan syukur kepada Allah SWT, keluarga, pelatih, dosen, dan juga teman-temannya yang telah memberi dukungan semangat. Fenix berharap agar di Pomnas 2022, ia bisa memberikan yang terbaik untuk tim Jawa Tengah sekaligus membanggakan UNS.

Apresiasi dari UNS

Dukungan dan apresiasi juga diberikan pihak UNS untuk para mahasiswa yang berlaga. Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS Drs. Rohman Agus Pratomo mengapresiasi capaian mahasiswa UNS dalam Pomprov Jateng 2022 ini.

"Selamat bagi mahasiswa UNS yang meraih medali pada Pomprov. UNS mengirim atlet pada 13 cabang olahraga dan dapat menyumbangkan 71 medali," ujar Rohman.

Bagi para mahasiswa yang berhasil meraih medali emas, nantinya mereka harus tetap berlatih untuk menuju Pomnas 2022. Para peraih medali emas ini akan berangkat ke Sumatera Barat untuk berlaga sebagai perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah 17-26 November 2022 mendatang.



Simak Video "Kebakaran di UNS Solo, Mahasiswa Dievakuasi dari Jendela"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia