Rahasia Ilyas Siswa MAN IC Serpong Meraih Skor 1000 dalam UTBK 2022

Rahasia Ilyas Siswa MAN IC Serpong Meraih Skor 1000 dalam UTBK 2022

Rahma Harbani - detikEdu
Sabtu, 03 Sep 2022 13:00 WIB
Ilyas MAN IC Serpong
Muhammad Ilyas Adi Nugroho, siswa MAN IC Serpong peraih nilai 1.000 UTBK 2022. (Dok. Kemenag)
Jakarta -

MAN Insan Cendekia (IC) Serpong kembali menyabet gelar sekolah terbaik se-Indonesia berdasarkan nilai UTBK 2022 dengan skor 666.494 poin. Salah satu peserta didiknya, Muhammad Ilyas Adi Nugroho, membagikan rahasia dan perjalanannya dalam meraih skor UTBK 2022 dengan nilai sempurna untuk subtes Kimia.

Ilyas, begitu ia disapa, mengaku tidak memiliki strategi khusus dalam belajar. Sebaliknya, lelaki kelahiran 2004 ini hanya patuh pada alur pembelajaran dari madrasah.

"Madrasah saat ini sudah sangat baik. Guru-guru, bahan ajar, latihan soal, dan fasilitas penunjang akademik lainnya juga sudah sangat baik," ungkap Ilyas, dikutip dari laman Kemenag, Sabtu (3/9/2022).

Berdasarkan penuturan Ilyas, latihan soal yang dilakukannya terkadang juga dibarengi dengan diskusi bersama orang lain. "Setelah itu, latihan mengerjakan soal, dibarengi diskusi dengan teman, kakak kelas, dan guru, bahkan di luar jam pelajaran," cerita dia.

Di samping itu, Ilyas juga mempersiapkan UTBK tahun ini melalui review materi yang ditontonnya dari video-video pembelajaran di YouTube.

Ilyas meraih nilai 1.000 pada subtes Kimia. Mata pelajaran Kimia memang diakuinya sebagai mata pelajaran yang paling disukainya.

"Materi mata pelajaran Kimia tidak terlalu abstrak dan tidak terlalu luas, alias lebih spesifik dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya," kata dia.

Misalnya, kata Ilyas, ada materi-materi seperti integral, turunan, dan limit dalam Matematika yang dinilai sulit untuk diaplikasikan dan dipahami konsepnya. Sebaliknya, Kimia menjadi mata pelajaran yang dapat ia pahami konsepnya secara jelas.

"Selain itu, di Kimia juga cukup banyak materi-materi yang ada praktikumnya seperti asam basa dan elektrokimia," tutur Ilyas.

Meski meraih nilai sempurna dalam subtes Kimia UTBK 2022, Ilyas mengatakan, dirinya masih tidak menyangka atas raihannya. Pasalnya, siswa asal Jakarta ini merasa ada beberapa soal yang sulit dijawabnya.

"Saya tidak menyangka bisa mendapatkan nilai 1.000. Karena ada beberapa soal yang saya rasa cukup sulit untuk menjawabnya, yakni tentang biokimia dan laju reaksi. Namun, saya tetap kerjakan semaksimal mungkin," ungkap dia.

Saat ini, Ilyas berhasil diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) dengan rincian nilai subtes UTBK 2022 sebagai berikut.

Penalaran Umum (PU): 737.92
Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM): 746.02
Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU): 715.91
Pengetahuan Kuantitatif (PK): 633.90
Matematika: 492.55
Fisika: 561.83
Biologi: 632.26
Bahasa Inggris: 848.31
Kimia: 1.000



Simak Video "Jurusan Sepi Peminat di Unair, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia