Roda Kehidupan Farel: Dulu Ngamen usai Sekolah, Kini Panen Beasiswa

Round Up

Roda Kehidupan Farel: Dulu Ngamen usai Sekolah, Kini Panen Beasiswa

Anisa Rizki - detikEdu
Senin, 22 Agu 2022 07:00 WIB
Farel PRayoga di Istana Negara
Farel Prayoga, siswa SD yang melantunkan lagu campursari di Istana Merdeka. Foto: YouTube Sekretariat Negara
Jakarta -

Farel Prayoga, penyanyi cilik asal Banyuwangi, sebelumnya sempat membuat Istana Negara bergoyang usai menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke' pada Upacara Peringatan HUT ke-77 RI.

Bocah kelahiran 8 Agustus 2010 itu tercatat sebagai murid Kelas 6 SDN Kepundungan 2 Banyuwangi. Sebelum diundang ke Istana Merdeka, Farel sudah lebih dulu terkenal di media sosial.

Tak tanggung-tanggung, suara emasnya telah ditonton lebih dari 21 juta kali di unggahan akun YouTube One Nada Record.

Sempat Jadi Pengamen Jalanan

Meski memiliki bakat di dunia tarik suara, ada kisah mengharukan tentang perjalanan hidup Farel. entor Farel, Wanda Restusiyan, menuturkan bahwa si penyanyi cilik dahulu seorang pengamen.

Wandra memaparkan, Farel semula berlatih vokal di One Nada Music School sejak tahun 2018 hingga 2019.

"Dulu yang menyekolahkan itu bapaknya. Karena melihat bakat Farel yang bagus dalam olah vokal," terang Wanda.

Namun, karena faktor ekonomi, akhirnya Farel dan sang ayah memutuskan untuk menjadi pengamen jalanan. Keduanya sering berkeliling di daerah Genteng, Banyuwangi. Ketika Farel bernyanyi, sang ayah memanggul sound system sambil berkeliling.

Terima Sejumlah Beasiswa Usai Penampilan di Istana Merdeka

Penampilan spektakuler Farel pada HUT RI ke-77 lalu turut menyita perhatian Menteri BUMN, Erick Thohir. Pada salah satu unggahan Instagramnya, Erick Thohir terlihat berbincang dengan Farel.

"Nyanyi boleh, tapi sekolah jangan lupa," ujar Erick Thohir dalam Instagramnya @erickthohir, dikutip pada Minggu (21/8/2022).

"Mau nggak dikasih beasiswa?" tanyanya.

Sempat kaget, Farel lalu mengaminkan tawaran tersebut.

"Mau banget," kata siswa SDN 2 Kepundungan itu.

Tak hanya Erick Thohir, Farel Prayoga juga menerima tawaran beasiswa dari Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur. Yang lebih menariknya, beasiswa tersebut diberikan hingga jenjang kuliah.

"Jadi, karena prestasi Farel, Pemkab Banyuwangi bakal memberikan beasiswa penuh," jelas Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di depan Farel, seperti dilansir dari detikJatim.

Lebih lanjut Ipuk memaparkan, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan memperhatikan dan memfasilitasi pendidikan Farel hingga ke tingkat perguruan tinggi.

"Farel akan sekolah sampai SMA dan nanti jika Farel ingin kuliah, akan kami fasilitasi juga," jelasnya.

Mengetahui dirinya mendapat beasiswa penuh hingga kuliah, Farel menyampaikan rasa syukur dan bahagianya.

"Seneng banget dong, mantap," ungkap Farel sambil tersenyum.

Jadi Duta Kekayaan Intelektual

Selain menerima sejumlah beasiswa, Farel juga dinobatkan sebagai Duta Kekayaan Intelektual. Sebagai informasi, Duta Kekayaan Intelektual Pelajar Bidang Seni dan Budaya merupakan pelaku seni pertunjukkan yang berasal dari kalangan pelajar yang telah menunjukkan prestasi dan karya yang dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pun memberikan perlindungan untuk seni pertunjukan bocah kelas 6 SD itu. Dalam situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham, Yasonna memberikan surat pencatatan ciptaan seni pertunjukan dengan nomor EC00202254496 kepada Farel dengan judul ciptaan 'Penampilan sebagai Penyanyi Cilik pada Acara Upacara Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke 77 di Istana Negara'.

"Ini sebagai bentuk respons cepat saya sebagai Menkumham dalam melindungi karya cipta seni pertunjukan milik Farel," jelas Yasonna sebagaimana dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham pada Minggu (21/8/2022).

Yasonna mengungkapkan, Farel menjadi salah satu sosok yang inspiratif bagi rakyat Indonesia. Bocah kelahiran 2010 itu tidak malu mempopulerkan lagu-lagu campursari berlirik bahasa Jawa.

Besar harapannya, Farel Prayoga dapat menjadi inspirasi para pelajar untuk menghormati dan menghormati budaya tradisional dengan mengenalkan bahasa Jawa melalui lagu dan seni.



Simak Video "Viral Konser Farel Prayoga Sepi, Disebut-sebut Gegara Tiket Mahal"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia