Tentang Duta Kekayaan Intelektual Pelajar yang Dinobatkan ke Farel Prayoga

Nikita Rosa - detikEdu
Jumat, 19 Agu 2022 12:00 WIB
Farel Prayoga tiba di Banyuwangi
Farel Prayoga jadi Duta Kekayaan Intelektual. (Foto: Ardian Fanani)
Jakarta -

Farel Prayoga sukses memukau Presiden Joko Widodo beserta para jajaran menteri kabinet Indonesia Maju pada upacara HUT RI ke-77 di Istana Merdeka, Rabu (17/8). Berkat cover lagu "Ojo Dibandingke", Farel dinobatkan menjadi Duta Kekayaan Intelektual Pelajar oleh Kemenkumham.

Farel Prayoga adalah penyanyi cilik asal Banyuwangi. Dulunya, ia bekerja sebagai seorang pengamen sambil bersekolah di SDN Kepundungan 2.

Kerap mengamen bersama orang tuanya, tak disangka nama Farel mendadak naik daun berkat meng-cover lagu dangdut koplo dengan cengkok khas Banyuwangi. Disebut dalam detikJatim, cover lagu Ojo Dibandingke milik Denny Caknan telah ditonton hingga 6,4 juta kali di YouTube.

Bangga, popularitas Farel mendatangkannya ke gerbang Istana Merdeka. Cengkok Banyuwanginya menemani para menteri "bergoyang" pada perayaan HUT RI ke-77. Terlihat Ibu Negara Iriana, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, sampai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berjoget menikmati lagu Ojo Dibandingke yang dibawakan Farel.

Selepas aksinya yang memukau, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly sigap memberikan perlindungan untuk seni pertunjukan Farel. Dalam situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenhukam, Yasonna memberikan surat pencatatan ciptaan seni pertunjukan dengan nomor EC00202254496 kepada Farel dengan judul ciptaan 'Penampilan sebagai Penyanyi Cilik Pada Acara Upacara Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke 77 di Istana Negara'.

"Ini sebagai bentuk respons cepat saya sebagai Menkumham dalam melindungi karya cipta seni pertunjukan milik Farel," kata Yasonna dalam laman resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenhukam, seperti dikutip Jumat (19/8/2022).

Selain itu, Yasonna menilai bahwa sosok Farel sangat menginspirasi rakyat Indonesia. Di mana pemuda kelahiran 2010 ini, tidak malu mempopulerkan lagu-lagu campursari berlirik Bahasa Jawa.

Oleh karenanya, pada kesempatan yang sama Farel juga dinobatkan menjadi Duta Kekayaan Intelektual Pelajar Bidang Seni dan Budaya Tahun 2022 oleh Menkumham.

"Diharapkan Farel ini dapat menjadi inspirasi para pelajar untuk menghormati, menghargai budaya tradisional dengan mengenalkan bahasa Jawa melalui lagu dan seni," ujar Yasonna.

Apa Itu Duta Kekayaan Intelektual Pelajar?

Duta Kekayaan Intelektual Pelajar Bidang Seni dan Budaya adalah pelaku seni pertunjukan yang berasal dari kalangan pelajar yang telah menunjukkan prestasi dan karya yang dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Menurut Yasonna, penobatan Duta Kekayaaan Intelektual Pelajar adalah sarana untuk meningkatkan promosi dan penyebarluasan informasi serta sosialisasi di bidang kekayaan intelektual (KI) khususnya di kalangan pelajar.

"Dia (Farel) juga diharapkan dapat menginspirasi para pelajar di Indonesia untuk berkarya sejak dini dan menghargai serta melestarikan lagu-lagu kesenian tradisional," tutur Yasonna.



Simak Video "Momen Menkumham Nobatkan Farel Prayoga Sebagai Duta KI"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia