Deretan Mantan Paskibraka Perempuan di TNI-Polri, Ada yang Jadi Pilot Tempur

Nikita Rosa - detikEdu
Jumat, 19 Agu 2022 18:00 WIB
Pekerjaan sebagai penjual jagung bakar sering dipandang sebelah mata tapi pria ini sukses membesarkan anak yang kini menjadi pilot. Putrinya berhasil jadi pilot wanita pertama TNI AD.
Intip 4 Paskibraka Perempuan yang Kini Berkarier di TNI-Polri. (Foto: Dok. Instagram/puspitaladiba)
Jakarta -

Dunia Paskibraka dikenal dengan didikannya yang semi militer. Para anggota Paskibraka dilatih dengan disiplin yang tinggi. Bahkan sampai dilatih langsung oleh TNI.

Berkat didikan ini, tidak jarang beberapa anggota Paskibraka melanjutkan jenjang kariernya di dunia militer. Tak terkecuali dengan anggota perempuan.

Dahulu, mereka adalah pembawa bendera pusaka dalam Upacara Kemerdekaan Indonesia. Kini, mereka sudah menapaki karier menjadi Perwira TNI-AD. Sampai ada lho yang jadi pilot tempur perempuan pertama! Ini dia profil mereka.

4 Paskibraka Perempuan yang Berkarier di Dunia Militer

1. Letda CPN (K) Puspita Ladiba

Pekerjaan sebagai penjual jagung bakar sering dipandang sebelah mata tapi pria ini sukses membesarkan anak yang kini menjadi pilot. Putrinya berhasil jadi pilot wanita pertama TNI AD.Puspita Ladiba jadi Pilot Pesawat Tempur Perempuan Pertama Foto: Dok. Instagram/puspitaladiba

Membanggakan, ada satu lagi pilot perempuan pertama dari Purna Paskibraka Nasional. Perempuan yang akrab disapa Diba itu kini memikul gelar Pilot Perempuan Pertama di TNI Angkatan Darat.

Diba dahulu adalah anggota Paskibraka angkatan 2014. Menurut detikNews, masa sekolah Diba bukanlah yang paling gemerlap. Bahkan Diba tidak memiliki handphone karena keterbatasan ekonomi.

Akhirnya Diba melanjutkan pendidikan melalui seleksi anggota TNI. Tak disangka, Diba akhirnya lolos dan menjadi Co Pilot TNI AD.

2. Ipda Mega Ayundya

Ipda Mega Ayundya yang dahulu Paskibraka Nasional 2012.Ipda Mega Ayundya yang dahulu Paskibraka Nasional 2012 Foto: Instagram@megaayundya

Mega Ayundya adalah anggota Paskibraka di tahun 2012 sebagai pembawa baki. Kini kariernya melejit dalam dunia Polri.

Dikutip dari situs SMA Taruna Nusatara, Mega melanjutkan pendidikannya ke Akademi Polisi (Akpol). Selepas kelulusannya pada tahun 2018, Mega cepat menjadi perwira pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua atau Ipda.

Hingga kini, Mega aktif membagikan kesehariannya di Instagram @megaayundya dengan pengikut mencapai 28,9 ribu orang. Sekarang ia mengemban tugas di Polda DIY.

3. Letda Ajeng Tresna Dwi Wijayati

Di usia yang masih muda, 26 tahun, Letnan Dua Pnb. Ajeng Tresna Dwi Wijayanti sudah terbilang sukses di udara. Dia tercatat sebagai pilot pesawat tempur wanita pertama yang dimiliki Indonesia. Yuk kenali lebih dekat sosoknya.Letda Ajeng Tresna Dwi Wijayanti. Foto: YouTube Plataran

Perempuan yang akrab disapa Ajeng ini adalah anggota Paskibraka nasional dari SMAN 51 Jakarta. Ia bertugas pada tahun 2011 sebagai pengibar dan penurun bendera Merah Putih.

Dari sini, Ajeng bertekad untuk melanjutkan karier di TNI. Dilansir dari HaiBunda, Ajeng lulus dari Akademi Angkatan Udara (AAU) pada 2018. Kemudian pada 18 Mei 2020, ia dilantik sebagai calon fighter oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI (Purn) Yuyus Sutisna kala itu.

Pada 2021, Ajeng resmi dilantik menjadi menjadi pilot pesawat tempur T50i Golden Eagle. Bangga, ia juga merupakan pilot pesawat tempur perempuan pertama di Indonesia.

4. Iptu I Dewa Ayu Santi Wiranti Rendang

I Dewa Ayu Santi adalah anggota Paskibraka tahun 2008I Dewa Ayu Santi anggota Paskibraka Nasional tahun 2008 Foto: detikNews

Tahun 2008 adalah tahun bersejarah bagi siswa asal SMAN 3 Denpasar itu. I Dewa Ayu Santi Wiranti Rendang terpilih sebagai pembawa baki bendera pusaka Indonesia saat Upacara Kemerdekaan Indonesia ke-63.

Dilansir dari detikNews, Ayu melanjutkan pendidikan ke Akpol. Selepas lulus, ia berkarier di dunia kepolisian dan mengusut kasus-kasus besar. Salah satunya kasus home made narkoba di Kemanggisan 2020 lalu.

Itulah empat profil Paskibraka nasional yang kini berkarier di militer. Tertarik mengikuti jejak mereka, detikers?



Simak Video "Heboh Video Gusur Rumah Ibadah di Kaltara, Ini Kata TNI AD"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia