Mahfud Md Ternyata Pernah Ikut Pramuka, Seperti Apa Kisahnya?

Anisa Rizki - detikEdu
Selasa, 16 Agu 2022 21:00 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD berbagi kisah tentang Pramuka dalam acara Jumpa Tokoh di Jambore Nasional ke-11, Cibubur.
Menkopolhukam Mahfud MD berbagi kisah tenta ng Pramuka dalam acara "Jumpa Tokoh" di Jambore Nasional ke-11 Foto: Dok. Kwarnas Pramuka
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD membagikan pengalamannya mengikuti kegiatan Pramuka semasa duduk di bangku sekolah.

Ia mengatakan Pramuka merupakan wadah bagi tunas bangsa untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Tanah Air.

"Manfaat gerakan Pramuka saya rasakan dalam perjalanan hidup saya semasa di bangku sekolah di Yogyakarta saat itu dan aktif di salah satu Gugus Depan di Yogyakarta", ujarnya dalam acara "Jumpa Tokoh" di Jambore Nasional ke-11, seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima detikEdu, Selasa (16/8/2022).

Acara yang digelar di Pusat Pendidikan Kedirgantaraan Gerakan Pramuka (Pusdirga), Buperta Cibubur tersebut dihadiri oleh para pimpinan Kontingen Daerah, Pembina Pendamping, dan sebagian peserta Jambore Nasional Gerakan Pramuka XI Tahun 2022.

Mahfud mengatakan, kita harus bersyukur Indonesia telah merdeka. Dulu, bahkan di masa penjajahan untuk bermimpi pun kita tak boleh dan tak bisa. Berbeda dengan sekarang, semua warga Indonesia bebas bermimpi untuk mencapai cita-cita setinggi mungkin.

"Dulu cita-cita saya sangat sederhana, yaitu ingin menjadi guru ngaji di kampung, makanya saat itu saya melanjutkan Pendidikan Guru Agama (PGA) demi mengejar cita-cita saya menjadi guru mengaji," ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Ia menyambung,"Kemudian cita-cita saya terus berubah seiring dengan situasi, saya pernah ingin menjadi dosen dan tercapai sampai menjadi guru besar, lalu menjadi pejabat pemerintahan, anggota DPR, dan sekarang menjadi menteri."

Lebih lanjut Mahfud Md berpesan, selain bersyukur kita juga harus berusaha dan bekerja keras untuk mencapai kesuksesan.

Gerakan Pramuka Berikan Mahfud Bekal untuk Capai Cita-citanya

Menurutnya, Gerakan Pramuka memberikan bekal untuk mencapai cita-citanya. Selain itu, Menko Polhukam tersebut juga mengatakan bahwa Gerakan Pramuka merupakan salah satu pilar bangsa yang dapat mengantar tunas-tunas bangsa untuk cinta tanah air dan mengajarkan nilai-nilai bela negara sejak dini.

"Nilai-nilai positif bela negara seharusnya memang dilakukan sejak dini agar benar-benar tumbuh dan berkembang pada setiap warga negara," kata Mahfud.

Selanjutnya, Menko Polhukam ini juga menuturkan, karakter kehidupan bangsa Indonesia adalah karakter Pancasilais. Kalau setiap warga negara yang selalu mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, tentu negara kita akan aman dan nyaman.

Hari Pramuka yang ke-61 jatuh pada 14 Agustus 2022 lalu. Dalam rangka memperingatinya, ribuan anggota pramuka penggalang berkumpul di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur untuk menghadiri agenda rutin tahunan Jambore Nasional (Jamnas) yang ke-11.

Nah, setelah menyimak cerita dari Mahfud Md, apakah kalian tertarik mengikuti kegiatan Pramuka detikers?



Simak Video "Kekesalan Mahfud ke Lukas Enembe gegara Korupsi Dana Otsus"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia