7 Film Tentang Kemerdekaan Indonesia, Cocok Ditonton Saat HUT RI 77

Anisa Rizki - detikEdu
Jumat, 12 Agu 2022 14:45 WIB
Film Tjokroaminoto
Foto: Dok. Pic[k] Lock Film/7 Film Tentang Kemerdekaan Indonesia, Cocok Ditonton Saat HUT RI 77
Jakarta -

Jelang hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus, masyarakat biasanya mempersiapkan berbagai kegiatan untuk meramaikannya. Misalnya dengan menggelar perlombaan hingga menonton film bertema perjuangan pahlawan yang menginspirasi.

Bukan hanya sekedar untuk merayakan, menonton film dengan tema kemerdekaan Indonesia juga bisa menambah wawasan masyarakat berbagai kalangan. Mulai dari orang tua hingga anak sekolah.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari film tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia untuk Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI), simak rekomendasi detikEdu di bawah ini.

7 Film Tentang Kemerdekaan Indonesia:

1. Soekarno (2013)

Film bertajuk Soekarno ini dirilis pada 11 Desember 2013. Sesuai dengan judulnya, film yang dibintangi oleh Ario Bayu tersebut mengisahkan tentang perjalanan hidup Ir. Soekarno, presiden pertama Indonesia.

Dikutip dari IMDb, film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dengan durasi 137 menit. Film Soekarno jadi tontonan yang paling cocok kamu nikmati saat HUT RI ke-77.

2. Jenderal Soedirman (2015)

Selanjutnya ada film Jenderal Soedirman. Tontonan ini dirilis pada tahun 2015 dan diperankan oleh Adipati Dolken. Pada film tersebut dikisahkan tentang Jenderal Soedirman yang mengalami sakit keras namun tetap berjuang dan menjalankan misi gerilya selama tujuh bulan.

3. Merah Putih (2009)

Dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, film Merah Putih dirilis pada tahun 2009 dan bercerita tentang Agresi Militer Belanda 1 pada 1947. Tontonan ini diperankan oleh aktor papan atas Indonesia yaitu Lukman Sardi, Donny Alamsyah, dan masih banyak lagi.

4. Tjokroaminoto (2015)

Selanjutnya ada film Tjokroaminoto yang dirilis pada tahun 2015. Digarap oleh Garin Nugroho, film ini bercerita tentang guru bangsa yang menjadi pendidik bagi tokoh-tokoh pemimpin Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, film Tjokroaminoto diperankan oleh aktor terbaik tanah air, seperti Reza Rahardian, Christine Hakim, Didi Petet, hingga Sujiwo Tejo.

5. Sultan Agung (2018)

Film Sultan Agung mengisahkan tentang seorang pemuda yang bernama Sultan Agung. Ia merupakan pria yang tangguh dalam menentang VOC dan menyerangnya secara langsung di Batavia.

Selain itu, Sultan Agung juga memiliki tanggung jawab besar dalam menyatukan para adipati di tanah Jawa yang terpecah akibat ulah VOC.

6. Battle of Surabaya (2015)

Battle of Surabaya merupakan film animasi yang disutradarai oleh Aryanto Yuniawan. Film ini berkisah tentang petualangan Musa, seorang remaja tukang semir sepatu yang bekerja sebagai kurir bagi perjuangan arek-arek Surabaya pada pertempuran 10 November 1945.

7. November 1928 (1979)

Film November 1928 disutradarai oleh Teguh Karya. Tontonan yang satu ini mengisahkan tentang penduduk desa di Jawa yang memberontak melawan pemerintahan penjajahan Hindia Belanda. Film ini cocok jadi tontonan kamu saat HUT RI ke-77.

Nah, itulah beberapa rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia yang bisa ditonton untuk menyemarakkan HUT RI pada 17 Agustus 2022 mendatang. Pastikan kamu menontonnya di platform legal ya, detikers!



Simak Video "Daftar Film soal Perjuangan, Cocok untuk Momen HUT RI ke-77"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia