7 Rekomendasi Film Edukasi Hari Kartini, Jangan Tonton di Indo XXI

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 21 Apr 2022 20:20 WIB
Film Kartini
Poster film Kartini. Foto: Dok. Ist
Jakarta -

Dalam rangka Hari Kartini 2022, ada tontonan edukatif menarik yang membahas tentang emansipasi perempuan. R.A Kartini sendiri dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan di Indonesia.

Hal yang ia lakukan untuk Indonesia sangat besar salah satunya memperjuangkan agar perempuan memiliki hak pendidikan yang sama dengan pria. Nah tontonan apa yang menarik untuk dilihat dalam rangka memperingati hari Kartini?

Simak rekomendasi detikEdu berikut ini!

Rekomendasi Film Hari Kartini

1. Kartini

Tidak lengkap melewati Hari Kartini tanpa menonton film Kartini. Film ini diperankan oleh Dian Sastro, Acha Septriasa, Christine Hakim, Ayushita, dan Reza Rahadian. Film ini mengisahkan kehidupan Kartini yang merasa terkungkung dengan adat Jawa.

Di film ini juga menceritakan tentang perjuangan Kartini menuliskan surat-suratnya kepada sahabatnya di Belanda. Semua kegelisahan, pemikiran, dan perjuangan Kartini tertuang dengan apik di film ini.

Kartini dapat ditonton di Netflix.

2. Perempuan Berkalung Sorban

Film Perempuan Berkalung Sorban diperankan oleh Revalina S Temat. Berkisah tentang seorang perempuan yang diperlakukan tidak menyenangkan di keluarga konservatifnya.

Ia diperlakukan begitu hanya karena ia terlahir sebagai seorang perempuan. Tokoh utama pun memperjuangkan haknya agar dapat menempuh pendidikan setinggi mungkin.

3. Sokola Rimba

Sokola Rimba merupakan film yang diangkat dari kisah nyata di Sumatera. Butet Manurung merupakan seorang guru yang mengajar anak-anak di suku pedalaman hutan Jambi.

Walaupun niat baiknya ditentang masyarakat, Butet tetap mengajar anak-anak di pedalaman agar dapat mencerdaskan kehidupan bangsa.

Film ini dapat ditonton di Disney Hotstar.

4. Yuni

Yuni film karya sutradara Kamila Andini ini memperoleh penghargaan internasional, salah satunya Toronta International Film Festival.

Film ini berkisah tentang kehidupan seorang anak SMA bernama Yuni yang ingin bersekolah setinggi mungkin. Namun mimpinya ditentang oleh orang-orang sekitar hanya karena ia seorang perempuan.

Film ini mencoba mendobrak stigma perempuan yang hanya melakukan tugas domestik. Yuni dapat ditonton di Disney Hotstar.

5. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi merupakan film fenomenal yang diangkat dari novel dari judul yang sama. Film ini berkisah mengenai perjuangan anak-anak di Pulau Belitung yang berjuang untuk sekolah. Meski dihadapkan dengan berbagai tantangan, namun Lintang, Mahar, Ikal, dan kawan-kawan berhasil mengukir prestasi yang membanggakan dengan mengalahkan anak-anak dari sekolah unggulan pada sebuah kompetisi.

Ada tokoh perempuan yang berjasa dalam film ini yaitu sosok guru bernama Ibu Muslimah yang diperankan Cut Mini. Ibu Muslimah berhasil menemani anak-anaknya untuk tetap bersekolah dan mengantarkan mereka ke kompetisi.

6. Kim Ji Young Born 1982

Walaupun Film ini bukan berasal dari Indonesia, Kim Ji Young Born 1982 berhasil menyuarakan aspirasi perempuan. Film yang diperankan Jung Yu Mi dan Gong Yoo ini awalnya diangkat dari novel dengan judul yang sama.

Bercerita tentang seorang perempuan yang menjadi ibu serta stigma-stigma yang harus ia hadapi dalam menjadi perempuan. Film ini sangat dekat dengan kehidupan perempuan di mana pun.

Kim Ji Young Born 1982 dapat ditonton di Viu.

7. Little Women

Little Women merupakan film karya sutradara Gretta Grewig. Film ini berkisah tentang manis dan hangatnya kehidupan empat bersaudara yang diperankan Saoirse Rona, Emma Watson, Florence Pugh, Eliza Scanlen, dan Timothee Chalamet.

Film ini juga menceritakan dilematisnya menjadi perempuan. Tokoh utamanya Jo March ingin hidup terbebas dari bayang-bayang patriarki. Film ini mengisahkan tentang impian seorang perempuan sederhana.

Little woman dapat ditonton di HBO GO.

Itulah rekomendasi tontonan untuk merayakan Hari Kartini detikers! Selamat Hari Kartini!



Simak Video "'Selamat Hari Kartini' Menggema di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia