Profil AKP Rita Yuliana: Lulusan Akpol 2013 yang Mahir Bahasa Mandarin

Kristina - detikEdu
Kamis, 11 Agu 2022 20:01 WIB
AKP Rita Yuliana (Foto: dok. Istimewa/Twitter Rita Sorcha Yuliana)
AKP Rita Yuliana Foto: dok. Istimewa/Twitter Rita Sorcha Yuliana
Jakarta -

AKP Rita Yuliana adalah polisi wanita (polwan) yang saat ini bertugas di Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Ia memulai karier di kepolisian sejak lulus dari Akademi Kepolisian pada tahun 2013.

Sebelum bertugas di Polda Metro Jaya, ia diketahui berdinas di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). Berikut profil lengkap AKP Rita Yuliana seperti dirangkum dari berita detikcom.

Sempat Diminta Masuk IPDN

AKP Rita Yuliana memiliki nama lengkap Rita Sorcha Yuliana. Ia lahir di Lombok Timur pada 1 Juli 1992.

Ketika duduk di bangku SMA, tepatnya kelas 2, ia tergabung dalam tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) kabupaten. Ia menceritakan dalam salah satu program TV9 Lombok News, saat itu pelatih Paskibraka berasal dari unsur kepolisian.

Dari situlah muncul cita-citanya untuk menjadi polwan, di mana sebelumnya ia ingin menjadi dokter. Ia kemudian berdiskusi dengan orang tuanya dan mendapatkan rekomendasi untuk masuk ke ikatan dinas.

Orang tua AKP Rita Yuliana sebenarnya menginginkan putrinya untuk masuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Karena itu, ia juga sempat mengikuti seleksi sekolah kedinasan, tetapi juga mengikuti seleksi Akpol.

Lulus Akpol pada 2013

Meskipun sempat mengikuti seleksi IPDN, AKP Rita Yuliana akhirnya memutuskan untuk menjadi polisi. Ia pun lolos masuk Akpol dan menamatkan pendidikannya pada 2013.

Setelah menjadi polisi, karier AKP Rita Yuliana terbilang cukup mulus. Ia pertama kali ditugaskan di Bagian Sentra Pelayanan Kepolisian di Gunungkidul, Yogyakarta.

Disebutkan dalam sumber lain, AKP Rita Yuliana juga sempat berdinas di Polda NTB. Ia menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Lombok Timur. Namun, belum genap setahun bertugas di sana, ia dipindah ke Polda Metro Jaya.

Dalam surat telegram bernomor ST/2604/XII/KEP.2021 pada 24 Desember 2021, AKP Rita Yuliana dimutasi ke Polda Metro Jaya menduduki jabatan Panit 1 Subdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Dapat Beasiswa Belajar Bahasa Mandarin

AKP Rita Yuliana juga dikenal mahir berbahasa Mandarin. Menurut penuturannya, kemahirannya berbahasa asing tersebut berkat beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Beijing, China yang ia dapatkan pada 2018 lalu.

Pada saat itu, ia mengaku merupakan satu-satunya polisi Indonesia yang mengikuti program spesialis bahasa Mandarin yang diikuti oleh 33 negara dari tiga benua yakni Eropa, Asia serta Afrika tersebut.

Selama belajar di sana, AKP Rita Yuliana juga menorehkan prestasi dengan mendapatkan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) yakni ujian standardisasi kemahiran berbahasa mandarin dengan level tinggi yakni level 4.

"Saya juga mendapatkan keterampilan bahasa Mandarin ini di Beijing Foreign Studies University (BFSU) yang saat itu saya berkesempatan mewakili Polri mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program," tuturnya pada 2021 lalu.



Simak Video "Polisi Dalami Laporan Jaksa Terkait Alvin Lim soal 'Sarang Mafia'"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia