Olimpiade Informatika Internasional 2022 Dibuka, Tim RI Hadapi 89 Negara

Nikita Rosa - detikEdu
Selasa, 09 Agu 2022 14:45 WIB
IOI 2022
Olimpiade Informatika Internasional 2022 resmi dibuka di Indonesia. Foto: YouTube IOI
Jakarta -

International Olympiad in Informatic (IOI) 2022 resmi dibuka di DIY Yogyakarta. Kompetisi internasional bidang komputer ini diselenggarakan secara hybrid mulai 7-15 Agustus 2022.)

International Olympiad in Informatic adalah olimpiade internasional komputer yang diselenggarakan setiap tahunnya. IOI merupakan salah satu dari lima olimpiade sains tingkat dunia dan merupakan olimpiade kedua dengan partisipan terbanyak.

Olimpiade yang dibesut mulai tahun 1989 itu, diadakan di negara yang berbeda setiap tahunnya. Tahun ini, Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah IOI.

"Merupakan kebanggan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah perhelatan besar ini," ungkap Suharti selaku Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek pada peresmian IOI yang disiarkan langsung via YouTube IOI 2022 Indonesia, Selasa (9/8/2022).

"Setelah 2 tahun terakhir karena kondisi pandemi Covid-19, IOI diselenggarakan secara daring untuk pertama kalinya. [IOI] diselenggarakan secara hybrid yakni luring dan daring sekaligus," sambungnya.

Diketahui, IOI 2022 diikuti oleh 536 peserta dari 90 negara. Sejumlah 444 peserta dari 72 negara hadir langsung di Yogyakarta, sedangkan 122 peserta dari 18 negara berpartisipasi secara daring dari negara masing-masing.

Para peserta olimpiade akan diuji kemampuan informatikanya melalui analisis masalah, algoritma, data, dan pemrograman. Medali emas, perak, dan perunggu akan diperebutkan oleh para kontestan.

Daftar TIM Indonesia untuk IOI 2022

Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) mengirimkan 8 peserta dalam kompetisi IOI 2022. Delapan peserta ini telah diseleksi melalui Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Pelatihan Nasional (Pelatnas) dan dibagi atas tim. Nama-nama peserta yang akan mewakili Indonesia adalah:

Tim A

1. Albert Yulius Ramahalim dari SMA Katolik Ricci I Jakarta Barat
2. Juan Carlo Vieri dari SMA Intan Permata Hati Surabaya
3. Maximilliano Utomo dari SMA Xin Zhong Surabaya
4. Joseph Oliver Lim dari SMAK 1 Penabur Jakarta.

Tim B
1. Albert Ariel Putra dari SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo
2. Matthew Allan dari SMA Kanisius Jakarta
3. Andrew dari SMAS Sutomo 1 Medan
4. Vannes Wijaya dari SMAN 8 Pekanbaru

Selamat bertanding untuk para putra putri terbaik bangsa di IOI 2022! Semangat untuk menang ya.



Simak Video "Ajang Olimpiade Tertua dan Terbesar! Inilah Antusiasme Peserta IOI ke-34 di Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia