Cerita Jemimah Idol yang Lulus Cumlaude di Undip, Nggak Cuma Jago Nyanyi!

Rahma Harbani - detikEdu
Minggu, 31 Jul 2022 13:00 WIB
Jemimah Cita Indonesian Idol
Penyanyi muda Jemimah Cita lulus berpredikat cumlaude di Universitas Diponegoro (Undip). (Dok. Undip)
Jakarta -

Penyanyi muda jebolan Indonesian Idol Jemimah Cita ternyata turut mengukir prestasinya di bidang akademik. Tercatat, Jemimah lulus dari Universitas Diponegoro (Undip) berpredikat cumlaude dengan IPK 3,57 pada Sabtu (30/7/2022).

Mahasiswa Fakultas Hukum Undip ini mengaku capaian tersebut tidak semulus yang dibayangkan. Pasalnya, Jemimah mengatakan dirinya harus merelakan timeline hidupnya yang mau tidak mau mundur akibat kesibukan yang dikerjakannya.

"Timeline hidupku jadi mundur karena mengikuti banyak kegiatan, tapi sebisa mungkin harus bertanggung jawab dengan langkah yang sudah diambil," tutur dia, dikutip dari laman Undip, Minggu (31/7/2022).

Waktu Tidur Terpotong

Wanita bernama lengkap Juanita Jemimah Cita ini menceritakan masa kuliahnya yang juga diselingi dengan keikutsertaannya dalam ajang pencarian bakat. Berdasarkan ceritanya, Jemimah memulai karier di dunia musik pada saat dirinya menginjak semester ke-7.

Mengerjakan kewajibannya sebagai mahasiswa sekaligus tuntutannya menjadi penyanyi diakui Jemimah bukanlah hal yang mudah. Seringkali, ia kesulitan dalam membagi waktu hingga terpaksa mengurangi waktu tidurnya.

"Membagi waktu adalah tantangan tersendiri dan seringkali aku tidur dengan waktu yang sangat minim," ceritanya.

Meski demikian, pelantun single Separuh ini tidak lantas menyerah pada tugasnya sebagai mahasiswa begitu saja. Menurutnya, pendidikan bernilai penting bagi hidupnya hingga dirinya enggan untuk menunda studi.

"Kita harus sadar bahwa pendidikan itu penting, apalagi jika sesuai passion di mana nantinya teori dan praktek berjalan secara beriringan sesuai field of study," ujar Jemimah.

Dikenal Mahasiswa yang Aktif

Perempuan berdarah Afrika-Amerika dan Batak Karo ini mengaku, keaktifannya sebagai mahasiswa menjadi bekal utama yang dibawa ketika terjun di dunia musik. Menurutnya, pengalaman berorganisasi melatih dirinya dalam menyatukan banyak kepala di industri musik.

"Untuk menghasilkan karya luar biasa, dibutuhkan sinergi dengan teman-teman. Kemampuan tersebut yang saya rasakan dari pengalaman organisasi," ungkap Jemimah.

Lulusan Undip angkatan 2017 ini juga bercerita mengikuti organisasi semasa kuliah membantunya dalam memberi pengalaman brainstorming hingga belar mengambil keputusan.

"Saya juga berpengalaman menjadi LO (Liaison Officer) yang terkait dengan exchange student dan visitation. Dari situ saya bertemu banyak orang termasuk komunitas internasional dan kemudian saya menyadari pentingnya komunikasi dalam kehidupan," cerita dia.

Dikenal sebagai mahasiswa yang aktif, berikut daftar lengkap kegiatan yang diikuti Jemimah selama berkuliah. Beragam kegiatan yang diikutinya mulai dari kegiatan internal kampus hingga kompetisi internasional.

  • BEM FH Undip tahun 2017
  • UKM Pseudorechtspraak FH Undip
  • KM tingkat Fakultas yakni Kelompok Riset dan Debat FH Undip
  • Legal Intern di Sekretariat ASEAN pada tahun 2020 dan Legal Intern di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2021
  • Delegate for Internal Moot Court Competition dalam Pseudorechtspraak Piala Dekan VII Universitas Diponegoro (2017)
  • Top 8 on Philip C. Jessup International Moot Court Competition National Rounds dalam International Law Students Association (2019)
  • Indonesia's Exhibition Team for Philip C. Jessup International Moot Court Competition International Rounds dalam International Law Students Association (2019)
  • Delegate for Foreign Direct Investment (FDI) International Arbitration Moot dalam Center for International Legal Studies (2020)

Terakhir, Jemimah membagikan tips bagi seluruh mahasiswa untuk meraih mimpi sekaligus menjalankan tugas pendidikan dengan baik. Menurutnya, perlu ada keseimbangan kewajiban dan passion dalam menjalani hidup.

"Ada harga yang harus dibayar, tapi kalau kita berusaha pasti bisa untuk mendapatkan apa yang kita mau," tutur Jemimah.

"Kenali diri sendiri karena kita yang paling tahu bidang mana yang paling cocok untuk kita. Kuncinya adalah ada kemauan, semangat, dan konsistensi," imbuhnya lagi.



Simak Video "Demo Sempat Ricuh, Mahasiswa: Kami Dipukul dan Diancam"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia