Kisah Afifah, Dokter Gigi Unej Peraih Nilai Tertinggi UKMP2DG Se-Indonesia

Fahri Zulfikar - detikEdu
Sabtu, 30 Jul 2022 08:00 WIB
Dokter Gigi lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Unej yang berhasil raih nilai tertinggi UKMP2DG
Foto: Doc. FKG Unej/Kisah Afifah, Dokter Gigi Unej Peraih Nilai Tertinggi UKMP2DG Se-Indonesia
Jakarta -

Salah satu Dokter Gigi lulusan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember (Unej) berhasil meraih nilai tertinggi pada Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) Periode II tahun 2022.

Dia adalah drg. Afifah Rizki Fauziah yang mendapatkan nilai 97,5 dan mengantarkannya sebagai peserta dengan nilai tertinggi se-Indonesia.

Afifah telah dikukuhkan sebagai Dokter gigi pada Sabtu (23/7) lalu, melalui pengukuhan di Auditorium Universitas Jember yang dipimpin langsung Dekan FKG Unej.

Proses Menuju Pengukuhan Dokter

Dijelaskan di laman resmi Unej, UKMP2DG adalah Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Kedokteran Gigi yang dilaksanakan oleh Kemenristekdikti 4 (empat) kali dalam 1 (satu) tahun.

Uji Kompetensi ini merupakan syarat untuk lulus dan dikukuhkan sebagai Dokter Gigi. Sebelum dinyatakan sebagai Dokter Gigi mahasiswa harus memenuhi berbagai persyaratan ketika menjalani koas.

"Setelah semua persyaratan di koas selesai maka baru boleh mendaftarkan Uji Kompetensi. Ada dua ujiannya, Ujian CBT (Computer Based Test) dan ujian praktek (Objective Structured Clinical Examination)," beber drg. Afifah dikutip dari laman Unej.

"Alhamdulilah untuk CBT-nya saya mendapatkan peringkat satu se-Indonesia," tambahnya.

Untuk mencapai posisi saat ini, perempuan asal Bondowoso ini menceritakan kesulitan yang dihadapi pada saat UKMP2DG.

Salah satunya adalah banyaknya materi yang harus dihafalkan. Hal ini karena materi yang diujikan adalah materi mulai semester awal kuliah sampai dengan semester akhir.

"Materi Kedokteran gigi ini kan hafalan, maksudnya bukan yang hitung menghitung. Banyak tulisan yang harus kami hafalkan sehingga perlu banyak latihan soal," terang drg. Afifah.

Tips Mendapat Nilai Tertinggi UKMP2DG

Meski telah melalui banyak hal sulit hingga akhirnya mendapatkan nilai tertinggi, drg. Afifah mengaku pencapaiannya adalah berkat doa dan usaha.

Tidak hanya doa pribadi tetapi sejak ditetapkan sebagai peserta UKMP2DG, drg. Afifah juga memohon restu dan juga tambahan doa kepada kedua orang tuanya, Bpk Mustangin dan Ibu Susmiati.

"Sholat 5 waktu jangan sampai lupa ditambah ibadah sunnahnya, seperti puasa sunah dan sholat malam," jelasnya.

Tips selanjutnya adalah dengan terus mengingat didikan kedua orang tuanya yakni fokus belajar serta mendahulukan hal-hal yang berfaedah dan mengurangi hal-hal yang dirasa tidak perlu.

Selain itu, pola belajar yang sudah diterapkan juga harus konsisten dan stabil. Tidak perlu belajar sampai larut, namun seimbang.

"Kalau dari saya pribadi itu lebih baik belajarnya stabil, tidak perlu yang sampai larut. Untuk mendapatkan yang terbaik maka harus diatur belajarnya cukup dan istirahatnya juga cukup, kalau menurut saya belajar sampai larut dan besoknya belajarnya hanya sedikit waktu maka hasilnya kurang maksimal," tutur drg. Afifah.

Sebagai informasi, pada UKMP2DG periode II tahun 2022 ini, Unej tak hanya memiliki drg. Afifah sebagai peserta dengan nilai terbaik.

Pada peringkat kedua nilai tertinggi UKMP2DG, juga diraih oleh peserta dari FKG Unej yakni Hasna' Fakhriyah Jinan dan Rismawati Tri Kalasworojati. Selamat ya Afifah dan teman-teman!



Simak Video "Gigi Balita Berbehel, Apakah Perlu?"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia