Kisah Alena Wicker, Mahasiswi Kedokteran Termuda Berusia 13 Tahun

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 29 Jul 2022 07:00 WIB
Alena Analeigh Wicker
Foto: Instagram Alena Analeigh Wicker/Mahasiswi Kedokteran Termuda Berusia 13 Tahun
Jakarta -

Remaja putri bernama Alena Analeigh Wicker baru saja mencatatkan sejarah dengan menjadi mahasiswi termuda di sekolah kedokteran. Di usia 13 tahun, ia telah diterima di University of Alabama's Heersink School of Medicine, Amerika Serikat.

Sebelum diterima di sekolah kedokteran, remaja asal Texas ini memang sudah dikenal jenius sejak kecil. Alena sudah membaca buku berbagai bab pada usia 3 tahun.

Saat mengetahui anaknya berbakat, ibu Alena, Daphne, memilihkan pendidikan yang berbeda untuk Alena, yakni homeschooling.

Namun, saat kelas 5 SD, ia akhirnya kembali ke sekolah. Bedanya, Alena kali ini sekolah untuk fokus pada kurikulum SMA karena pelajaran anak-anak sebayanya dinilai membosankan.

Alena mengambil kursus sekolah menengah atas (SMA) pada usia 11 tahun dan mendaftar di dua perguruan tinggi pada usia 12 tahun untuk mendapatkan dua gelar terpisah.

Rahasia Menjadi Mahasiswi Kedokteran Termuda

Bagi Alena, belajar tidak bergantung pada usia, namun dampak potensial yang bisa digali.

"Apa itu umur? Kamu tidak terlalu muda untuk melakukan apapun. Saya merasa telah membuktikan pada diri sendiri bahwa saya dapat melakukan apa pun yang saya curahkan hati dan pikiran saya," ucapnya kepada Washington Post.

Menurut Alena, remaja muda yang cerdas akan selalu beberapa langkah di depan teman-temannya dan tidak berpikir dia terlalu berbeda.

Salah satu kunci rahasianya dalam hal ini adalah kemampuan manajemen waktu dengan baik. Sebab, selain belajar, remaja juga masih membutuhkan bermain dan hal lain.

"Saya masih anak 13 tahun yang normal. Selain kuliah, dia masih suka pergi ke bioskop, bermain sepak bola, membuat kue, dan berkumpul dengan teman-teman," tutur Alena.

"Saya hanya memiliki keterampilan manajemen waktu yang sangat baik dan saya sangat disiplin," imbuhnya.

Kuliah di 2 Kampus dan Mendaftar Sekolah Kedokteran

Apa yang dikatakan Alena soal remaja bisa melakukan dan belajar apapun telah ia tunjukkan. Terbukti saat ini, dia adalah seorang mahasiswi junior di Arizona State University dan Oakwood University Alabama.

Di dua kampus itu, Alena mendapatkan dua gelar sarjana terpisah dalam ilmu biologi melalui metode pembelajaran yang sebagian besar kursus online.

Tak puas sampai di situ, dengan dorongan keluarga, pendidik, dan penasihatnya, Alena mendaftar untuk penerimaan awal sekolah kedokteran di Hersink School of Medicine, University of Alabama untuk tahun 2024.

Pada bulan Mei 2022 lalu, dia dinyatakan diterima dalam program tersebut, meskipun lebih muda 10 tahun dari kebanyakan mahasiswa rata-rata yang masuk.

Berhasil Magang di NASA

Ketertarikan Alena pada STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika) sejak usia muda membawanya untuk dibina menjadi pekerja magang termuda NASA, Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS pada musim panas 2021.

Selama waktunya di NASA, Alena menggarap berbagai tugas, termasuk penelitian jarak jauh untuk Jet Propulsion Laboratory di La CaƱada Flintridge, California.

Tahun ini, mahasiswi baru kedokteran tersebut juga terpilih sebagai finalis penghargaan Time's Top Kid of the Year 2022.



Simak Video "Moorissa Tjokro: Berpikir Kritis Jadi Keterampilan yang Wajib Diasah"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia