Daftar Biaya Kuliah Kedokteran di PTS Terbaik Indonesia, UII hingga UPH

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 28 Jul 2022 18:30 WIB
Doctor sitting at desk and writing a prescription for her patient
Daftar Biaya Kuliah Kedokteran di PTS Terbaik Indonesia, UII hingga UPH. Foto: Getty Images/iStockphoto/demaerre/
Jakarta -

Jurusan kedokteran tidak hanya ditawarkan di perguruan tinggi negeri (PTN) saja namun juga ada di perguruan tinggi swasta (PTS). Bahkan beberapa kampus swasta memiliki prodi kedokteran sebagai prodi unggulan.

Selain itu, beberapa PTS yang menyediakan jurusan kedokteran juga termasuk dalam kampus terbaik versi Webometrics 2022 dan lembaga akreditas BAN PT

Berikut ini daftar kampus yang menyediakan prodi kedokteran terbaik beserta biaya kuliahnya.


Biaya Kuliah Kedokteran di PTS Terbaik Indonesia:

1. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia adalah kampus swasta terbaik yang masuk dalam pemeringkatan Webometrics 2022. Selain itu, Fakultas Kedokteran UII memiliki akreditasi A oleh BAN-PT.

Kampus yang terletak di Sleman, Yogyakarta ini memiliki fakultas kedokteran (FK) yang banyak diincar para mahasiswa. Terlebih FK UII juga memiliki pembelajaran bagi mahasiswa dengan rumah sakit mitra.

Mengutip laman pmb.uii.ac.id, berdasarkan data 2021/2022, biaya kuliah di FK UII terdiri dari Dana Catur Dharma dan Uang Kuliah yang dibayar tiap tahun. Total kisaran biaya studi antara Rp 316 juta - Rp 391,6 juta.

2. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Selain UII, kampus swasta Jogja lainnya yakni Universitas Atma Jaya Yogyakarta juga masuk dalam peringkat kampus swasta terbaik versi Webometrics 2022. UAJY menempati peringkat 5 di bawah UII.

Salah satu prodi unggulan di UAJY adalah prodi kedokteran. Dikutip dari laman atmajaya.ac.id, biaya kuliah kedokteran di UAJY pada 2022/2023 mencapai Rp. 373,75 juta.

3. Universitas Trisakti

Selanjutnya ada Universitas Trisakti yang menempati peringkat ke-7 di daftar PTS terbaik versi Webometrics 2022. Universitas Trisakti juga menyandang akreditasi A oleh BAN-PT

PTS yang berada di Ibu Kota Jakarta ini menawarkan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia. Adapun terkait biaya studi kedokteran di Universitas Trisakti terdiri dari beberapa komponen, yaitu:


- Sumbangan Pengembangan: Rp 350 juta (hanya dibayarkan pada semester pertama)

- Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Pokok: Rp 25,5 juta (dibayarkan tiap semester)

- Biaya SKS: Rp 350 ribu per mata kuliah (dibayarkan tiap semester)

- Biaya Praktikum: Rp 50 juta (dibayarkan tiap praktikum)

4. Universitas Pelita Harapan (UPH)

PTS satu ini juga masuk dalam 10 besar peringkat kampus swasta terbaik versi Webometrics 2022. Meskipun tergolong baru, namun UPH menawarkan prodi kedokteran sebagai salah satu prodi unggulan.

Bahkan kampus swasta yang ada sejak tahun 2001 ini memiliki Fakultas Kedokteran UPH dengan banyak relasi di kancah nasional dan internasional. Misalnya Rumah Sakit Umum Siloam yang berlokasi di Lippo Village merupakan rumah sakit pengajaran milik Fakultas Kedokteran UPH.

Adapun untuk biaya kuliah di jurusan kedokteran UPH yakni mencapai Rp 892 juta.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

PTS satu ini memiliki akreditasi Unggul dari BAN PT. Kampus yang berada di Yogyakarta ini memiliki jurusan kedokteran terbaik di Indonesia.

UMY mempunyai program studi pendidikan dokter dan profesi dokter. Dikutip dari laman umy.ac.id, total biaya kuliah di Fakultas Kedokteran UMY mencapai Rp 440,79 juta.

Nah, itulah daftar biaya kuliah di PTS terbaik Indonesia. Apakah detikers tertarik dengan jurusan kedokteran?



Simak Video "Kisah Para Petani China Lulusan Perguruan Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia