30 Daftar Lulusan Terbaik SMA Taruna Nusantara, Ada AHY!

Devi Setya - detikEdu
Jumat, 22 Jul 2022 19:45 WIB
siswa sma taruna nusantara
Ilustrasi siswa di SMA Taruna Nusantara Foto: Dok. Taruna Nusantara
Jakarta -

SMA Taruna Nusantara yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah memiliki daya tarik sendiri. Sekolah yang kerap disebut Tarnus atau TN punya lulusan terbaik yang saat ini menyandang profesi bergengsi.

Adalah Agus Harimurti Yudhoyono atau akrab disapa AHY, ia salah satu lulusan terbaik dari SMA Taruna Nusantara angkatan tahun 1997. Selain AHY, masih banyak lagi lulusan terbaik sma Taruna Nusantara lainnya.

Meski kerap mendapat label sebagai sekolah militer, para lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara ini tidak melulu berkarir di dunia militer. Banyak juga yang memilih untuk menjadi pengusaha, pengajar, ilmuwan ataupun terjun di dunia politik.

Dilansir dari laman resmi SMA Taruna Nusantara , berikut beberapa profil lulusan SMA Taruna Nusantara:

1. Lucky Avianto

Brigadir Jenderal TNI Lucky Avianto, S.I.P., M.Si. adalah seorang perwira tinggi TNI-AD. Pria kelahiran 2 Oktober 1974 ini mengemban amanat sebagai Kapusdiklat BIN sejak 21 Januari 2022.

Lucky Avianto merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara Magelang Angkatan Pertama (TN-1). Ia juga menyandang gelar sebagai lulusan terbaik Akademi Militer dan penerima Adhi Makayasa tahun 1996.

Tak hanya itu, Brigjen TNI Lucky juga merupakan lulusan terbaik Dikreg Seskoad Angkatan XLIX Ta.2011, dan lulusan terbaik Dikreg XLVI Sesko TNI Ta. 2019.

Selain bertugas di dalam negeri, Brigjen TNI Lucky juga pernah mendapat penugasan ke beberapa negara seperti Australia, Singapura, Brunei Darussalam, Lebanon hingga India.

2. Agung Wicaksono

Dr. Agung Wicaksono, M.Sc., M.B.A. merupakan profesional di bidang korporasi, akademisi, dan birokrasi . Sejak tahun 2008, ia tercatat sebagai Dosen di SBM ITB (Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung).

Agung yang lahir pada 13 Desember 1976 ini adalah Direktur Utama PT Transjakarta yang mulai menjabat sejak 30 Oktober 2018 hingga mengundurkan diri pada tanggal 23 Januari 2020 . Sebelumnya, Agung menjabat sebagai Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta. Kini ia menjabat sebagai Managing Director PT Jababeka Infrastruktur sejak Oktober 2021.

Lulus dari SMA Taruna Nusantara, Agung melanjutkan studi sarjananya di jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2000. Sejak tahun 2008, Agung menjadi dosen pengajar di almamaternya Institut Teknologi Bandung.

3. Mohammad Nurdin

Marsekal Pertama TNI Mohammad Nurdin adalah seorang Perwira Tinggi TNI Angkatan Udara lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) TNI tahun 1996 yang saat ini menjabat Komandan Komando Sektor I Koopsud I. Nurdin tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting.

Mohammad Nurdin pernah menjadi Ajudan Presiden RI Joko Widodo. Dia kemudian menjabat sebagai Danlanud Sulaiman, Pangkosekhanudnas III/Medan dan terakhir sebagai Dankosek I Koopsud I.

Ia merupakan orang ke 9 dari 100 orang penerbang tempur di Skadron Udara 14 yang bisa mencapai 2000 jam terbang dengan pesawat tempur F-5 Tiger II.

4. Firman Dwi Cahyono

Kolonel Pnb. Firman Dwi Cahyono, M.A. adalah perwira menengah TNI Angkatan Udara dan penerbang pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang memiliki callsign 'Foxhound'.

Nama Firman sempat viral setelah jet tempur F-16 Fighting Falcon bernomor registrasi TT-1643 yang diterbangannya meledak dan terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada 2015 lalu. Pria kelahiran 30 Maret 1974 ini sekarang menjabat sebagai menjabat sebagai Athan di KBRI Moskow, Rusia.

Pada tanggal 20 Agustus 2014, dia berhasil mencatatkan rekor meraih 2000 jam terbang dengan menggunakan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon. Juli 2014 menjadi salah satu hari bersejarah bagi Firman karena ia diberi kesempatan menjemput pesawat F-16 Fighting Falcon dari Amerika ke Lanud Iswahyudi.

5. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Mayor Inf. (Purn.) H. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A. atau yang lebih akrab disapa AHY, adalah politikus dan mantan perwira militer Indonesia. Putra dari mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ia menjabat Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) dan pendiri AHY Foundation.

AHY yang lahir pada 10 Agustus 1978 ini adalah lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara angkatan 1997. Sebelum terjun ke dunia politik, AHY berkarier sebagai militer profesional di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) selama 16 tahun.

AHY menjadi lulusan terbaik dari Akademi Militer tahun 2000 dan meraih penghargaan Presiden Republik Indonesia; Bintang Adi Makayasa. Tahun 2016, AHY didaulat oleh Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta. Sejak saat itu, ia aktif berpolitik di Partai Demokrat.

6. Annisa Fajriani

Bukan hanya dari kalangan pria saja, lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara juga pernah disabet wanita bernama Annisa Fajriani. Annisa merupakan dokter muda lulusan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada.

Berbagai prestasi yang ditorehkannya selama sekolah mengantarkan Annisa menjadi Siswa Teladan I Kota Semarang tahun 2012, Lulusan Terbaik SMA Taruna Nusantara tahun 2016, hingga Mahasiswa Berprestasi Utama FK-KMK UGM tahun 2018.

Kepeduliannya terhadap kesehatan masyarakat telah membuat Annisa aktif dalam berbagai proyek. Ia beberapa kali terlibat dalam kegiatan pelayanan kesehatan gratis. Saat ini, Annisa tengah aktif berkontribusi di Cofight, suatu organisasi non-profit yang bergerak dalam bidang edukasi dan sukarelawan COVID-19.

7. Nanik Purwanti

Selain Annisa Fajriani, ada juga Dr. Nanik Purwanti, S.TP, M.Sc yang merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara. Ia adalah seorang peneliti yang bekerja sebagai staf pengajar di Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Institut Pertanian Bogor.

Nanik merupakan penerima penghargaan National Fellowship L'Oreal-UNESCO For Women in Science pada tahun 2014 atas hasil karyanya yang berjudul Pengembangan Mikrokapsul dengan Protein Nanofibrils Menggunakan Proses Absorsi Layer-by-layer Untuk Diterapkan Sebagai Perangkat Pelepasan Terkendali.

Mau tahu deretan lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara pada setiap angkatan? Klik halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia