Selamat! 2 Mahasiswi Unpad Sabet Medali Pencak Silat Tingkat Dunia

Nada Zeitalini - detikEdu
Selasa, 12 Jul 2022 16:50 WIB
Mahasiswi Unpad raih juara kompetisi Perisai Diri tingkat internasional
Dua mahasisiwi Unpad sabet juara Perisai Diri tingkat internasional. Foto: Dok. Universitas Padjadjaran
Jakarta -

Unit Perisai Diri Universitas Padjadjaran (Unpad), berhasil meraih medali tingkat dunia melaluiPerisai Diri International Championship ke-10. Kejuaraan ini digelar di GOR Lila Bhuana, Denpasar, Bali pada 1-8 Juli 2022 lalu.

Unpad mengirimkan dua atlet pencak silatnya pada ajang bergengsi ini dan pulang sebagai pemenang medali emas serta perunggu. Kedua atlet tersebut adalah Aurum Nameerah Maraya Ajda yang merupakan mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Dhila Gania Raras dari Fakultas Ekonomi Bisini (FEB).

Aurum berhasil meraih medali emas dalam kategori Serang Hindar Putri Kelas A. Tak hanya itu, dia pun memperoleh penghargaan sebagai Pesilat Terbaik Perempuan pada kategori teknik. Sementara, Dhila membawa pulang medali perunggu pada pada ketagori Serang Hindar Putri Kelas B.

Kejuaraan Perisai Diri International Championship ke-10 adalah kompetisi silat tingkat internasional yang rutin digelar setiap tahun oleh organisasi pencak silat Indonesia, Perisai Diri. Kompetisi tersebut tak hanya menarik bagi pesilat dalam negeri tetapi juga luar negeri.

"Kejuaraan ini digelar untuk memfasilitasi atlet dunia untuk berkompetisi memperebutkan piala Presiden RI," ujar Ketua Panitia kejuaraan Nyoman Yamadiputra, dikutip dari laman resmi Unpad pada Senin (11/7/2022).

Pada tahun ini, kejuaraan Perisai Diri International Championship ke-10 diikuti oleh 607 orang pesilat dari dalam dan luar negeri. Selain Indonesia, ada deretan perwakilan negara lain yang ikut dalam ajang ini di antaranya, Australia, Jepang, Brunei, Belanda, dan Amerika Serikat.

Bagi yang belum tahu, Perisai Diri adalah salah satu organisasi beladiri yang merupakan anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia), induk organisasi resmi pencak silat Indonesia yang ada di bawah KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia). Dikatakan dalam buku Makna Seni dan Kesenian: Seri Pengantar Studi Kebudayaan oleh Prof. Dr. Alo Liliweri, perisai Diri merupakan salah satu dari sepuluh perguruan silat yang memperoleh predikat Perguruan Historis karena berperan besar dalam sejarah terbentuk dan berkembangnya IPSI.

Nah, bagaimana menurut detikers? Atlet sekaligus mahasiswi Unpad di atas, keren bukan?



Simak Video "Berlatih Pencak Silat Sebagai Olahraga Kebanggaan Indonesia, Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia