3 Tim Indonesia Juarai Kompetisi Desain Kapal Dunia, Seperti Apa Inovasinya?

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Minggu, 10 Jul 2022 07:00 WIB
3 Tim Indonesia Juarai Kompetisi Desain Kapal Dunia
Foto: ITS
Jakarta -

Sebanyak tiga tim mahasiswa dari Indonesia berhasil meraih juara di International Roboboat Competition (IRC) tahun 2022. Kompetisi ini diadakan oleh AUVSI (Association for Unmanned Vehicle Systems International) di Sarasota, Florida, Amerika Serikat.


Diketahui, IRC IRC 2022 merupakan perlombaan yang sangat bergengsi karena diikuti oleh universitas terbaik dari berbagai negara. Ajang kompetisi ini diadakan untuk menemukan inovasi dan solusi dari tantangan yang dihadapi industri modern saat ini.

Pengumuman pemenang diadakan pada hari Minggu (25/6/2022) malam waktu setempat. Adapun awards yang dianugerahi kepada tiga tim Indonesia adalah First Place Design Documentation dan First Place Autonomy Challenge untuk tim Barunastra ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Second Place Design Documentation, Sponsorship dari Blue Robotics Award, dan Best Team for Testing and Innovation untuk tim Bengawan UV Universitas Sebelas Maret, serta Sixth Place Design Documentation untuk tim Aterkia Universitas Diponegoro.


Bagaimana inovasi kapal pada setiap tim? Dilansir dari laman Pusat Prestasi Nasional, berikut daftarnya.


Inovasi Kapal Tim Indonesia di IRC 2022


1. Tim Barunastra ITS

Dalam ajang kompetisi IRC 2022, tim Barunastra ITS membuat inovasi Kapal Nala Thesus. Kapal Nala Theseus merupakan kapal dengan dengan panjang total kapal 0,88 meter dan lebar total kapal 0,72 meter. Kapal ini disebut sukses melakukan semua misi yang ada.

Untuk menjadi juara, ada tujuh misi yang harus berhasil dilakukan oleh Nala Theseus. Selain itu, salah satu inovasi yang menjadi nilai tambah untuk kapal adalah mereka menggunakan desain modularity. Desain modularity dibuat untuk menampung banyak muatan di atas kapal serta bisa dimodifikasi, diganti, atau ditukar secara independen dengan bagian lainnya.



2. Tim Aterkia Roboboat Undip


Berbeda dengan tim Barunastra ITS, tim Aterkia Roboboat Universitas Diponegoro membuat Kapal Aterkia-07 dengan inovasi Hull Kapal Katamawan Ax Bow. Bentuk kapal membuat kapal memiliki kemampuan stabilitas yang baik dan bisa meminimalisir guncangan pada kapal.

Aterkia-07 menggunakan sistem otonom yang memungkinkan kapal bergerak secara otomatis. Kamera Aterkia-07 ditempatkan di atas kapal dan diprogram menggunakan Yolo V5 sehingga dapat mendeteksi objek dan memberikan outputnya. Semua sistem kendali di kapal Aterkia-07 terintegrasi dengan NUC sebagai pusat kendali informasi dan Arduino sebagai mikrokontrolernya.


3. Tim Bengawan UV Universitas Sebelas Maret


Inovasi luar biasa juga dihasilkan oleh tim Bengawan UV Universitas Sebelas Maret. Berupa wahana bernama Mandakini EVO. Wahana tersebut merupakan versi pembaruan dari wahana yang dihasilkan tim Bengawan UV sebelumnya yaitu Mandakini NEO. Wahana ini dapat bergerak secara otomatis dengan bantuan GPS dan beberapa sensor.

Ditujukan untuk memberi pakan ikan, wahana ini tidak hanya dibuat untuk kompetisi tapi juga bermanfaat bagi lingkungan.

Itulah tiga kapal yang dibuat oleh tim Indonesia di ajang IRC 2022. Selamat kepada tim!



Simak Video "Dramatis! Detik-detik Evakuasi Penumpang Kapal Terbakar di Sumenep"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia