ADVERTISEMENT

Nadiem Sebut Pelajar Pancasila Punya 6 Profil, Apa Saja?

Nada Zeitalini - detikEdu
Selasa, 05 Jul 2022 14:15 WIB
Nadiem Makarim
Foto: Nada Zeitalini/detikedu
Jakarta -

Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Puspeka Kemendikbud) menggelar Festival Generasi Pancasila dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila, hari keluarga nasional, dan hari anak nasional. Acara ini dibuka oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim.

Acara ini sekaligus menjadi puncak kampanye Puspeka yang bertajuk 'Pelajar Pancasila Bangga Punya Pancasila'.

Festival Generasi Pancasila menyasar generasi muda Indonesia dari semua jenjang pendidikan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Akhir dan Kejuruan (SMA dan SMK), serta keluarga. Kesempatan ini sekaligus memaksimalkan sosialisasi nilai-nilai Pancasila sehingga tersebar lebih masif kepada khalayak luas.

Dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, ia menyampaikan bahwa pelajar Pancasila memiliki 6 profil. Pertama beriman, bertakwa kepada Tuhan, dan berakhlak mulia, kedua mandiri, ketiga gotong royong, keempat berkebinekaan global, kelima bernalar kritis, dan keenam kreatif.

"Keenam profil pelajar Pancasila adalah bekal untuk menggapai cita-cita di masa depan sesuai dengan minat dan potensi adik-adik. Sesuai dengan semangat merdeka belajar, sekarang tidak ada lagi batasan untuk bermimpi," ujar Nadiem dalam siaran langsung Festival Generasi Pancasila, Selasa (5/7/2022).

Menurut Nadiem, siswa harus terus semangat belajar dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sebab kecerdasan akan dipadukan dengan karakter kuat yang akan membantu melangkah ke masa depan dan menghadapi semua tantangan.

Nadiem menyebut dalam proses menggapai cita-cita tentu akan banyak rintangan dan kegagalan yang tidak sesuai dengan harapan. Dengan menerapkan dan menjadi pelajar pancasila yang cerdas berkarakter maka berbagai rintangan dan kegagalan di masa depan akan mampu dilewati oleh para pelajar dan generasi muda Indonesia.

Nadiem juga berpesan kepada para orang tua agar mampu menjadi wadah atau menciptakan lingkungan rumah yang aman bagi anak-anak. Disampaikan olehnya bahwa perilaku yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila perlu menjadi kebiasaan dan dibangun sejak dini di rumah oleh orang tua.

"Saya yakin adik-adik semua di sini adalah pelajar Pancasila yang saya cari selama ini, para pelajar yang saya butuhkan untuk membangun Indonesia di masa depan," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Nadiem menyampaikan harapan agar acara Festival Generasi Pancasila dapat memperkuat karakter pelajar Pancasila. Selain itu membangun generasi Indonesia yang lebih baik dengan cerdas berkarakter.



Simak Video "Respons Masyarakat Tentang Kebijakan Kemendikbudristek"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia