ADVERTISEMENT

11 Tips Atasi Rasa Kecewa karena Gagal Lolos SBMPTN 2022

Anisa Rizki - detikEdu
Kamis, 23 Jun 2022 12:45 WIB
Ilustrasi perempuan sedih
Foto: Getty Images/iStockphoto/Vichakorn/11 Tips Atasi Rasa Kecewa karena Gagal Lolos SBMPTN 2022
Jakarta -

Semua siswa yang hendak melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi akan mengikuti berbagai cara agar masuk ke kampus impiannya masing-masing. Salah satu caranya dengan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Lulus SBMPTN adalah keinginan semua calon mahasiswa, namun kuota SBMPTN terbatas. Tidak semua calon mahasiswa lolos, tak sedikit dari mereka yang gagal dalam seleksi ini. Kegagalan merupakan hal yang wajar dan dapat dirasakan oleh semua orang.

Bagi kalian yang gagal lulus SBMPTN, tidak perlu galau. Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga, Jovita Maria Ferliana M.Psi., mengatakan saat seseorang menghadapi kekecewaan, ada dua langkah yang bisa diambil untuk mengatasinya, yaitu melalui tindakan dan emosi.

Menurutnya, kegagalan dan rasa cemas ketika tidak lulus seleksi atau ujian merupakan hal yang lumrah. Terlebih seleksi tersebut hanya ada di momen-momen tertentu.

"Itu hal yang wajar dan normal sekali. Semua perasaan seseorang yang berkaitan dengan gagal, marah akan sesuatu yang menjadi target dan tidak tercapai, itu lumrah," jelas Jovita kepada detikEdu, Rabu (22/6).

Lebih lanjut, Jovita menjabarkan terkait dua langkah yang dapat diambil. Berikut penjelasannya.

A. Melalui Tindakan

1. Mengikuti Seleksi Jalur Mandiri

Ketika kalian gagal, jangan langsung patah semangat. Jalur masuk perguruan tinggi tidak hanya melalui SBMPTN, masih ada jalur lainnya seperti jalur mandiri. Solusi yang satu ini menjadi alternatif pertama ketika kalian gagal SBMPTN.

2. Gap Year

Gap year juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi kekecewaan kalian yang dinyatakan gagal SBMPTN. Gap year berarti menunda kuliah selama setahun dan melakukan ragam persiapan untuk mengikuti ujian SBMPTN lagi di tahun berikutnya.

3. Mengambil Kursus dan Sertifikasi yang Sesuai Minat

Bagi kalian yang gagal dan memutuskan gap year, jangan sampai hanya menunggu dan tidak melakukan apa-apa. Rentang waktu gap year bisa diisi dengan mengikuti bermacam-macam kursus, sertifikasi, ataupun menekuni hobi.

4. Magang

Magang juga merupakan solusi yang dapat dilakukan jika kalian gagal SBMPTN. Dengan mengikuti magang, maka kalian akan memperoleh pengalaman yang nantinya berguna di dunia kerja dan perkuliahan.

5. Mendaftar Sekolah Kedinasan

Mendaftar sekolah kedinasan merupakan cara yang bisa dilakukan. Terlebih, lulusan dari sekolah kedinasan akan lebih cepat bekerja dan langsung disalurkan ke lembaga pemerintahan. Adapun contoh sekolah kedinasan seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Politeknik Kesehatan (Poltekkes), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dan masih banyak lagi.

6. Masuk Universitas Swasta

Mendaftar universitas swasta juga dapat menjadi satu solusi. Banyak universitas swasta jempolan dengan akreditasi yang bagus.

Klik halaman selanjutnya

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia