Mahesa, Atlet Sepatu Roda yang Wakili UI Jadi Mahasiswa Berprestasi Nasional

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Rabu, 22 Jun 2022 14:30 WIB
Atlet Sepatu Roda Wakili UI di Ajang Mahasiswa Berprestasi Nasional
Mahesa, atlet sepatu roda yang wakili UI di ajang Mahasiswa Berprestasi Nasional program Diploma 2022. (Dok. UI)
Jakarta -

Tidak hanya berprestasi di bidang non akademik, Barijani Mahesa Putra, mahasiswa Universitas Indonesia (UI) ini juga berhasil mewakili kampusnya dalam ajang Mahasiswa Berprestasi Nasional program diploma tahun 2022. Menariknya, Mahesa juga dikenal sebagai atlet sepatu roda yang berprestasi.

"Bangga sekali rasanya bisa membuktikan kalau ternyata saya juga dapat berprestasi di bidang akademik, bukan hanya berkompetisi di bidang yang saya geluti, yaitu olahraga. Kompetisi ini jadi bentuk validasi diri dan pembuktian bahwa atlet juga bisa berprestasi di akademik," ujar Mahesa dikutip dari situs resmi UI, Selasa (21/6/2022).

Sebelumnya, Mahesa memang tercatat sebagai atlet sepatu roda asal DKI Jakarta. Selama menjadi atlet itu pula, Mahesa kerap menorehkan prestasi di kancah nasional maupun internasional.

"Ia juga beberapa kali mewakili Indonesia dalam kompetisi sepatu roda, seperti World Roller Games di Barcelona, Spanyol pada 2019 dan World Championship di Heerde, Belanda pada 2018," tulis keterangan dari UI.

Ditambah lagi, Mahesa juga terpilih sebagai wakil Indonesia untuk berkompetisi ke Asian Games Hangzhou pada 2023 mendatang. Secara rinci, berikut beberapa prestasi Mahesa sebagai atlet atau prestasi non akademiknya di skala nasional dan internasional.

Prestasi Tingkat Nasional

  • Juara 1 Team Time Trial (TTT) 10 km Putra dalam PON XX Papua 2021
  • Juara 1 Sprint 5000M+D Putra dalam PON XX Papua 2021
  • Juara 1.300m Rellay JIRTA Friendly Competition 2021

Prestasi Tingkat Internasional

  • Dua medali emas dan satu perak pada Malaysia Open 2013
  • Satu medali perak dan perunggu pada Malaysia Open 2015
  • Satu medali emas pada Half Marathon 21km di New York, Amerika Serikat pada 2018
  • Mewakili Indonesia dalam kompetisi World Roller Games di Barcelona, Spanyol pada 2019 dan World Championship di Heerde, Belanda pada 2018

Segudang prestasi yang ia raih merupakan hasil kerja keras Mahesa yang mampu menyeimbangkan kehidupan kampus dan olahraga. Ia menuturkan, menjadi mahasiswa berprestasi bukan merupakan puncak karier dalam bidang akademik, ia ingin tetap terus berinovasi agar bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Pencapaian Mahesa tersebut diumumkan saat Malam Apresiasi Mahasiswa UI 2022 yang diselenggarakan di Balai Sidang, Kampus UI, Depok, Jumat (3/6/2022) lalu. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Hubungan Masyarakat (Humas) ini berhasil mengalahkan 11 peserta lainnya untuk mengikuti seleksi mahasiswa berprestasi nasional program diploma pada tahap seleksi wilayah dan nasional.



Simak Video "Momen Luhut Hampiri Mahasiswa UI, Debat soal Big Data"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia