ADVERTISEMENT

Kalahkan Vietnam, Mahasiswa UI Raih Medali Emas Catur untuk Indonesia

Devi Setya - detikEdu
Kamis, 02 Jun 2022 20:30 WIB
BEVERWIJK, NETHERLANDS - JANUARY 27:  A detailed view of the board and pieces including the Queen, King, Knight, Bishop, Rook and Pawn during the 83rd Tata Steel Chess Tournament held in Dorpshuis De Moriaan on January 27, 2021 in Wijk aan Zee, Netherlands (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Foto: (Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Jakarta -

Ajang pesta olahraga Asia Tenggara atau SEA Games 2021 baru saja digelar di Hanoi, Vietnam. Indonesia berhasil meraih medali emas untuk cabang olahraga catur rapid atau catur cepat.

Adalah Medina Warda Aulia, mahasiswa Program Magister Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) yang berhasil meraih medali emas untuk Indonesia dalam cabang olahraga catur rapid di SEA Games 2021. Medina dan partner dinyatakan menang setelah unggul dalam perhitungan Tie Break (TB) 2 dari tuan rumah Vietnam.

Dilansir dari situs resmi UI (2/6) Medina mengatakan bahwa permainan catur ini membutuhkan strategi. Setiap langkah yang diambil menentukan poin yang diraih.

"Jadi, kalau di catur kita harus bikin strategi di setiap langkah-langkahnya. Hal ini mirip dengan kebijakan publik yang harus ada strateginya untuk menyusun kebijakan publik," ujar Medina.

Mahasiswa UI Raih Medali Emas CaturMedina Warda Aulia Mahasiswa UI Raih Medali Emas Catur Foto: Humas UI

Medina yang saat ini juga sedang melanjutkan pendidikan S2 Kebijakan Publik di FIA UI ini bukan pertama kali memenangkan medali emas untuk Indonesia. Sebelumnya ia juga pernah membawa emas untuk Indonesia pada SEA Games 2019 di Filipina.

Tak hanya itu, Medina juga mendapat gelar Grandmaster Putri Indonesia atas kelihaiannya memainkan catur. Medina mengatakan, prestasi yang diraihnya saat ini adalah buah dari kerja keras, doa dan dukungan dari berbagai pihak.

Dengan gelar Grandmaster Putri Indonesia, Medina tidak perlu melewati proses seleksi untuk mewakili Indonesia sebagai atlet catur. Ia secara otomatis langsung terpilih untuk bertanding di ajang SEA Games 2021.

Meskipun sudah berpengalaman meraih medali emas, Medina mengaku tetap menghadapi tantangan yang menurutnya cukup berat. Apalagi ia harus bertanding dalam kondisi tubuh yang tidak sepenuhnya sehat.

"Tantangan terbesar adalah kemarin sempat fisik kurang oke karena alergi dan diare. Tetapi, Alhamdulillah masih bisa fokus karena ada mimpi yang harus diwujudkan," ujarnya.

Tak hanya itu, Medina juga harus lihai mengatur strategi sebagai seorang atlet sekaligus mahasiswa. Ia tak ingin salah satu mimpi yang sedang dikejar ini justru terbengkalai. Ia bersyukur jadwal kuliah S2 lebih leluasa sehingga mudah membagi jadwal antara kuliah dan latihan catur.

"Di S2 lebih leluasa untuk latihan dan mengatur jadwal, berbeda dengan S1. Kalau aku biasanya menyesuaikan dengan jadwal pertandingan yang ada dalam waktu sebulan ke depan. Aku juga sering cicil tugas di waktu luang dan setelah itu bisa fokus latihan untuk persiapan pertandingan," beber Medina.

Medina berharap, setelah menyelesaikan pendidikan magisternya di FIA UI, ia dapat meningkatkan kualitas olah raga di Indonesia khususnya dalam bidang kebijakan olahraga. Selain itu, Medina juga mempunyai mimpi untuk menjadi juara dunia wanita dalam pertandingan catur.

Menurutnya, jika seseorang memiliki impian, ia harus mengejar mimpi itu. "Barengi usaha itu dengan doa. Kalau sudah berusaha dan berdoa, aku yakin pasti impian itu akan diberikan oleh Allah," kata Medina.

Kemenangan yang diraih Medina ini juga disambut ungkapan rasa bangga dari Dekan FIA UI, Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., MM.. "Impian tercipta dari kerja keras dan prestasi, bukanlah sebuah kebetulan. Sepak terjang Medina tentunya menjadi sebuah kebanggaan yang luar biasa bagi FIA UI. Sekali lagi, saya mengucapkan banyak terima kasih."

Prof. Chandra berharap dengan prestasi yang telah ditorehkan Medina ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa FIA UI agar semakin giat dalam mengembangkan bakat dan mengharumkan nama Indonesia dan FIA UI.

Dalam ajang SEA Games 2021 yang digelar pada 12 - 23 Mei 2022 di Hanoi ini, Indonesia menempati urutan ketiga setelah Vietnam dan Thailand dari total raihan medali. Indonesia berhasil menghimpun 241 medali yang terdiri dari 69 medali emas, 91 medali perak dan 81 medali perunggu.



Simak Video "PBESI Beri Bonus Atlet eSports Peraih Medali SEA Games 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia