Nadiem Beri Ucapan Ulang Tahun ke Presiden Jokowi, Apa Katanya?

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 21 Jun 2022 12:06 WIB
Nadiem ucapkan selamat ulang tahun kepada Jokowi
Ulang tahun Jokowi. Foto: Instagram/Nadiem Makarim
Jakarta -

Mendikbudristek Nadiem Makarim menyampaikan selamat ulang tahun ke-61 pada Presiden Jokowi. Ucapan tersebut diupload dalam Instagram miliknya pada Selasa (21/6/2022).

"Selamat ulang tahun Bapak Presiden @jokowi. Terima kasih telah menginspirasi kami untuk terus semangat mendorong Merdeka Belajar demi kemajuan pendidikan Indonesia," ucap Nadiem.

Dalam unggahan tersebut, Nadiem menyertakan sebuah foto salah satu momen saat dirinya hadir bersama Presiden Jokowi. Ucapan selamat ulang tahun untuk Presiden Jokowi saat ini memang tengah meramaikan jagat maya.

Jokowi lahir pada 1961 silam di Surakarta, Jawa Tengah. Dia adalah anak dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi. Sosok Jokowi menjadi perhatian publik usai menjadi Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta.

Sama seperti presiden sebelumnya, Presiden Jokowi juga menaruh perhatian lebih pada pendidikan. Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021 lalu, Presiden Jokowi menyinggung pentingnya pendidikan.

Proses pendidikan semestinya memang memerdekakan manusia. Pendidikan memungkinkan manusia keluar dari penjara kemiskinan dan kebodohan. Ide tersebut sejalan dengan semangat dan ajaran Ki Hajar Dewantara.

"Semangat Ki Hajar Dewantara ini harus kita ingat semuanya. Bagi Ki Hajar Dewantara pendidikan harus memerdekakan kehidupan manusia. Kemerdekaan-lah yang menjadi tujuan," ujarnya dalam siniar bersama Nadiem Makarim dalam YouTube Kemendikbudristek (2/5/2021).

Jokowi menilai, dengan modal pendidikan, semua orang di negara ini merdeka untuk dapat menjadi apa saja. Seiring dengan itu, dia tidak lupa mengingatkan agar semua orang juga tetap menghormati yang lainnya.

Pada kesempatan tersebut Jokowi pun meminta Nadiem untuk membangun sistem pendidikan di Indonesia yang dapat memerdekakan manusia sekaligus membangun jiwa raga bangsa.

Nah, itulah isi ucapan selamat ulang tahun Presiden Jokowi dari Mendikbudristek Nadiem. Detikers juga mengucapkannya di medsos?



Simak Video "Hasil Survei: Mayoritas Masyarakat Puas dengan Kinerja Nadiem Makarim"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia