Menhub Budi Curhat Saat Kuliah di UGM: Uang Saku Sering Tidak Cukup

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 23 Mei 2022 17:30 WIB
Menteri Budi Karya mendapatkan gelar Doktor Kehormatan
Budi Karya saat menerima doktor kehormatan.Foto: Tangkapan layar Youtube UGM
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendapatkan gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Gelar itu diberikan karena jasanya dalam pembangunan transportasi nasional.

Budi merupakan alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan arsitektur dan lulus pada tahun 1981. Saat mendapatkan gelar Doktor Kehormatan tersebut, Budi Karya menceritakan masa-masa kuliahnya di UGM.

"Sebenarnya kuliah di Jogja rodok kewanen (agak nekat), uang sakunya tidak cukup. Jadi urunan Ibu, kakak, dibantu oleh Dr Suroso, Mbak Suci, dan Kak Agus untuk memberikan uang kos 20 ribu sebulan. Dan itu alhamdulillah bermakna," ujar Budi dalam upacara penganugerahan gelar tersebut via Youtube, Senin (23/5/2022).

Budi Karya juga bercerita jika ia juga dirawat oleh kakaknya semasa muda. Kakaknya saat itu sering menjadi asisten ibunya.

"Kakak saya ini asisten ibu. Jadi kalau saya nakal yang memanggil dari main di kolam itu adalah beliau. Terimakasih kepada Yufri dan Yuci yang selalu mendampingi saya dan bayarin kos saya," papar Budi.

Lebih lanjut, Budi Karya juga mengucapkan terimakasih kepada orang tuanya yang telah mendidiknya dengan baik.

"Secara khusus, walaupun tidak ada harus mengucapkan terimakasih kepada kedua orang tua saya. Beliau berdualah yang memberikan nilai-nilai yang tidak jauh diajarkan UGM kepada saya. Dengan segala kerendahan hati apa yang diberikan UGM akan saya berikan kepada kedua orang tua saya yang mengajarkan berbagi dan bermasyarakat," sambung Budi.

Menhub Budi berpesan sebagai rakyat harus mengabdi kepada negara dan tidak boleh berhitung untuk mengabdi kepada negara.

"Negara sudah memberikan sesuatu kepada kita, kita harus bayar pengabdian kita kepadanya," ujar Budi.

Adapun Rektor UGM Panut Mulyono menyebut jasa-jasa yang telah dilakukan Budi Karya kepada Indonesia.

"Gelar doktor kehormatan ini diberikan kepada Budi Karya Sumadi atas peran dan jasanya beliau dalam keilmuannya di bidang teknik rancang bangun dan perencanaan dalam konteks mikro dan makro," ujar Panut.

"Itu merupakan satu kesisteman yang tidak dapat dipisahkan termasuk di dalamnya bidang transportasi terutama jasanya dalam menghubungkan nusantara," sambung Panut.

Karya-karya yang telah dihasilkan Menhub Budi dimulai sejak bekerja sebagai Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol dan PT Pembangunan Jaya Ancol pada tahun 2004-2013.

Selanjutnya, Budi Karya menjabat sebagai Direktur Utama PT Jakarta Prosperindo pada tahun 2013 sampai dengan 2015, dan menjadi Direktur Utama PT Angkasa Pura II pada 2015-2016.

"Dan dilanjutkan sebagai Menteri Perhubungan sejak 2016 hingga saat ini," imbuh Panut.



Simak Video "Ramai Kecelakaan Bus, Menhub Bakal Introspeksi"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia