Seleksi Habibie Prize 2022 Dibuka, Siapa Saja yang Bisa Ikut?

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 13 Mei 2022 13:45 WIB
Relasi Kuasa di BRIN
Habibie Prize 2022. Foto: detik
Jakarta -

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengumumkan dibukanya seleksi Habibie Prize 2022. Habibie Prize sendiri adalah penghargaan untuk putra dan putri terbaik di Indonesia yang aktif, berprestasi, berjasa dalam bidang penemuan, pengembangan, serta penyebarluasan berbagai aktivitas IPTEK yang baru sekaligus berdaya guna untuk meningkatkan kesejahteraan, perdamaian, juga keadilan.

Perhelatan ini merupakan kerja sama antara BRIN dengan Yayasan SDM IPTEK The Habibie Center.

Habibie Prize 2022

Disebutkan melalui Instagram resmi BRIN, ada lima kategori bidang keilmuan yang dibuka untuk Habibie Prize 2022, yaitu Ilmu Dasar, Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi, Ilmu Sosial, Politik dan Hukum, Ilmu Filsafat, Agama dan Kebudayaan, serta Ilmu Rekayasa.

Adapun pengusul bisa dilakukan oleh:

  • Perguruan tinggi negeri atau swasta
  • Lembaga ilmu pengetahuan atau badan riset
  • Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI)
  • Cendekiawan
  • Organisasi profesi
  • Perseorangan
  • BUMN
  • Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK)
  • Perwakilan atau kedutaan besar RI di luar negeri

Sebelum berganti nama pada 2020, Habibie Prize disebut sebagai Habibie Award. Penghargaan tersebut dimulai pada tahun 1999 setelah keluarga B. J. Habibie membentuk Yayasan SDM IPTEK.

Pada 2021 lalu, ada empat ilmuwan Indonesia yang mendapatkan anugerah Habibie Prize. Mereka memperoleh dalam kategori bidang Ilmu Dasar, Kedokteran dan Bioteknologi, Ilmu Rekayasa, serta Ilmu Filsafat, Agama dan Kebudayaan.

Keempat ilmuwan ini adalah Prof. Dr. M. Hanafi untuk kategori Ilmu Dasar, lalu dr. Nicolaas C. Budhiparama untuk bidang Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi, ada juga Prof. Dr. Ir. Subagjo di bidang Ilmu Rekayasa, serta Dr. (HC) Nyoman Nuarta dalam kategori Ilmu Filsafat, Agama, dan Kebudayaan.

Nantinya, penerima Habibie Prize 2022 akan memperoleh medali, piagam, dan uang tunai. Pada tahun lalu, hadiah uang tunai yang diberikan senilai US$ 25 ribu.



Simak Video "Nasib Ratusan Pegawai Eijkman, Berupaya Bertahan-Cari 'Rumah Baru'"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia