Sempat Pesimis Kejar Mimpi, Penerima Beasiswa Ini Akui BTS Ubah Hidupnya

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 10 Mei 2022 13:15 WIB
Desmonda sedang berlatih musikal
Desmonda sedang berlatih musikal.Foto: Desmonda Cathabel
Jakarta -

Menjadi seorang fans K-Pop memberikan banyak pengalaman positif. Hal itu diakui oleh Desmonda Cathabel yang akrab disapa Monda. Monda merupakan orang Indonesia pertama yang mendapatkan beasiswa Royal Academy of Music (RAM) bidang musikal teater.

Ia merupakan mahasiswa pasca sarjana yang mengambil jurusan teater musikal di RAM. Namanya viral di Twitter beberapa waktu lalu berkat utas yang ditulis oleh @salshaindr karena berhasil mendapatkan beasiswa.

"Aku Army semenjak 4 tahun lalu, dan BTS sangat berperan besar dalam merubah jalan hidupku," ujar Monda kepada detikEdu, Minggu (8/5/2022).

"Sebelumnya aku sempat merasa depresi karena tidak melihat ada celah untuk mengejar mimpi dan melakukan apa yang ingin aku lakukan, aku merasa stuck di dunia dan pekerjaan yang unrelated," tambah Monda.

Monda mengaku setelah mengenal BTS dan mengetahui kerja keras mereka, ia menjadi terinspirasi. Hal itu terutama saat BTS menciptakan karyanya dan sangat bangga dan bahagia atas karya mereka sendiri.

"Mereka (BTS) tetap berkarya dan tanpa peduli akan situasi industri atau lingkungan yang tidak memungkinkan mereka untuk sukses, mereka tetap fokus dengan seni mereka dan dengan begitu mereka dapat membuat jalan mereka sendiri tanpa harus kompromi akan diri mereka sendiri," papar Monda.

Menurut Monda selain sikap yang dimiliki oleh tiap personil BTS, lagu-lagunya juga banyak menguatkan Monda dan membantu dirinya lebih yakin terhadap pilihan jalannya.

Dirikan Teater dan Dapat Beasiswa Workshop

Kecintaannya terhadap dunia musikal teater juga menginisiasi Monda mendirikan mendirikan Jakarta Performing Arts Community.

"Aku senang awalnya ini hanya komunitas kecil dan berhasil menjadi komunitas yang dapat mementaskan musikal dengan lisensi internasional bersama live orchestra," ujar Monda.

Monda juga bercerita sebelum mendapatkan beasiswa dari RAM, Monda pernah mendapatkan beasiswa workshop pelatihan Broadway.

"Aku dapat beasiswa ini dari program Indonesia menuju broadway. saat pandemic aku terlibat dalam musikal online Malin Kundang oleh Indonesia Kaya dan soundbite ku dari musikal itu menjadi viral di tiktok," cerita Monda.

Walaupun baru di Inggris selama delapan bulan, ia mengaku sudah bekerja sama dengan banyak legenda musik teater.

"Aku sudah banyak bisa bertemu dan bekerja bersama banyak legenda-legenda musikal teater, contohnya di konser Sondheim's Old Friends dan lainnya," papar Monda.



Simak Video "After Class by Lazada Foundation: Unlocking Potensials of Indonesia Muslim Marketplace (Eps 04 - Presentation)"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia